Jubir KPK Harap Pimpinan Selanjutnya Betul-betul Berintegritas

JAKARTA, virprom.com – Juru bicara sekaligus eksekutif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri berharap pimpinan lembaga antirasuah berikutnya adalah sosok yang bersedia mengakhiri pemberantasan korupsi.

Pernyataan itu disampaikan Ali saat diminta menanggapi kritik terhadap Komite Pengawas (Dewas) KPK yakni DPR RI III. Mereka didamaikan dalam pertemuan dengan panitia.

“Kami berharap ke depan pimpinan KPK benar-benar tidak bersalah dan benar-benar berupaya mengakhiri agenda korupsi agar kita bisa mengendalikannya,” kata Ali saat ditemui awak media di Gedung KPK, Jakarta, Kamis. (6 Juni 2024).

Menurut Ali, informasi dan kritik yang disampaikan Dewas di hadapan anggota DPR RI sudah baik dan sesuai kenyataan.

Baca juga: Hasto Akui Tak Terima Panggilan KPK Tapi Siap Kosongkan Jadwalnya

Ali tak sekadar menyebut kritik terhadap Dewas KPK bisa dijadikan bahan evaluasi terhadap lembaga yang ada saat ini.

“Seharusnya mereka mengevaluasi diri seiring dengan kepemimpinan KPK saat ini,” kata Ali.

Ia pun mengamini kewenangan Dewas KPK yang sangat terbatas sehingga perlu dilakukan perubahan terhadap UU KPK.

Selain itu, ia berharap Panitia Rekrutmen Calon Pimpinan KPK (Pansel Capim) yang dibentuk Presiden Joko Widodo dapat menyeleksi sosok-sosok yang layak menjadi pemimpin dan anggota Dewas KPK selanjutnya.

“Saya kira alangkah baiknya jika ada perubahan undang-undang,” jelas Ali.

Sebelumnya, Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean merasa risih dengan sikap pimpinan KPK saat mengomentari penyidikan dugaan pelanggaran etik.

Baca juga: Kemendikbud Dua Kali Diminta Usut KPK, Anggota DPR: Lihat Siapa Pelanggar…

Tumpak menilai komentar tersebut dapat mempengaruhi opini publik terhadap Dewas KPK. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode pertama sebelumnya menilai tindakan tersebut tidak tepat.

“Manajemen kerap melontarkan pernyataan-pernyataan di media yang seringkali menimbulkan persepsi negatif terhadap institusi. Kita lihat pernyataan-pernyataan tersebut juga merupakan hal yang menurut kami kurang baik,” kata Tumpak di Senayan Jakarta, Rabu (6/5/2024). Dengarkan berita terbaru dan penawaran berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top