Bagaimana Konsumsi Daging Merah Bisa Berisiko Diabetes

virprom.com – Konsumsi daging merah sebaiknya dibatasi pada orang dewasa. Selain kandungan lemak jenuhnya, kegemaran mengonsumsi daging merah juga meningkatkan risiko diabetes.

Menurut penelitian terbaru, daging merah mengandung sejenis zat besi yang meningkatkan risiko diabetes.

Penelitian tersebut dilakukan dengan memeriksa laporan studi diet selama 36 tahun dan melibatkan 200.000 orang dewasa. Tim peneliti meneliti berbagai jenis zat besi dari makanan dan suplemen.

Peserta yang mengonsumsi makanan tinggi zat besi heme (terutama ditemukan pada daging merah dan protein hewani lainnya) memiliki risiko 26 persen lebih tinggi terkena diabetes dibandingkan kelompok dengan asupan terendah.

Secara khusus, lebih dari separuh risiko diabetes dikaitkan dengan daging merah yang tidak diolah dan kandungan zat besi heme yang tinggi.

Baca Juga: 10 Efek Samping Minuman Manis, Termasuk Kecanduan dan Diabetes

Harvard T.H. “Membatasi asupan ham dari daging merah dan meningkatkan protein nabati seperti tahu dan biji-bijian mungkin merupakan strategi efektif untuk mengurangi risiko diabetes.” Chan adalah seorang ahli epidemiologi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan.

Namun, penting untuk diketahui bahwa pengganti daging nabati yang diproses sering kali menggunakan zat besi heme yang direkayasa secara genetik untuk meningkatkan rasa dan penampilan.

Besi heme

Zat besi heme terdapat dalam darah dan jaringan otot dan lebih mudah diserap tubuh dibandingkan zat besi non-heme yang berasal dari tumbuhan.

Konsumsi zat besi heme yang berlebihan telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk kerusakan organ akibat kelebihan zat besi, stres oksidatif, dan ketidakseimbangan antioksidan dalam tubuh.

Menurut Dr. Ho, semua hal tersebut meningkatkan risiko diabetes.

“Daging merah seperti daging sapi, domba, dan babi memiliki kadar zat besi heme yang lebih tinggi dibandingkan ikan dan ayam,” ujarnya.

Oleh karena itu, jika kita ingin mengurangi zat besi heme, sebaiknya batasi konsumsi daging merah.

Baca juga: Apa Akibat Terlalu Banyak Makan Daging Merah? Ikhtisar ini…

Ahli diet Kathryn Livingston menambahkan, membatasi daging merah juga mengurangi asupan nitrat dan nitrit, yang terkait dengan diabetes tipe 2. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top