Sempat Ragu, Warga Paris Kini Nikmati Olimpiade 2024

PARIS, virprom.com – Dulunya penuh skeptisisme, gerutuan, dan kemurungan, kini warga Paris menikmati Olimpiade 2024.

Beberapa warga pulang lebih awal dari liburan musim panasnya untuk mengikuti acara olahraga ini.

“Adikku pulang lebih awal karena menurutku itu bagus.” Murad Sahbani, 42, mengatakan kepada wartawan AFP saat dia mendorong kereta bayi melewati zona penggemar yang padat di barat laut Paris.

Baca juga: Cacat Ditemukan di Fasilitas Katering Olimpiade Paris, Atlet Inggris Marah

“Saya tahu itu bagus. Kami orang Prancis suka mengkritik diri sendiri, tapi pada akhirnya kami melakukannya dengan baik,” tambahnya. “Olimpiade sukses… banyak yang menyesal tidak hadir di sana.”

Suasana di Paris pun berubah sejak upacara pembukaan yang diguyur hujan pada 26 Juli 2024. Kini cuaca lebih baik, venue lebih ramai dan bermunculan pahlawan-pahlawan olahraga nasional baru seperti perenang Leon Marchand yang mengharumkan nama negara.

Banyak warga Paris meninggalkan kota pada bulan Juli untuk liburan musim panas guna menghindari kemacetan, jumlah wisatawan, dan masalah keamanan yang disebabkan oleh Olimpiade.

Namun para pengungsi yang kembali sekarang mengatakan bahwa mereka menikmati suasana musim panas yang santai, bersosialisasi dengan penggemar olahraga dari luar negeri dan hiburan gratis bagi mereka yang tidak mampu membeli tiket mahal.

Area kipas angin juga penuh dengan layar raksasa. Sekitar 160.000 orang per malam memesan tempat gratis untuk menonton Olimpiade di Museum Louvre terdekat.

Champions Park, sebuah inovasi Olimpiade yang mempertemukan para pemenang medali untuk menyambut masyarakat setelah Olimpiade, dipenuhi oleh sekitar 27.000 orang setiap hari.

Baca juga: Remaja 14 Tahun Akan Jadi Peraih Medali Termuda Olimpiade Paris 2024

“Kami sangat menikmatinya,” kata Celia Demas, ibu dua anak berusia 41 tahun yang tinggal di zona penggemar di 17 NW.

Anak-anak mereka juga memanfaatkan kegiatan olahraga gratis yang diselenggarakan oleh otoritas Paris. “Kota ini terasa lebih ramah dari biasanya,” katanya.

Konsep di balik Olimpiade Paris 2024 adalah menggunakan kota ini sebagai panggung dan latar belakang Olimpiade, dibandingkan membangun infrastruktur baru di lokasi di luar kota, seperti yang dilakukan banyak tuan rumah sebelumnya.

Sebagian besar kompetisi berlangsung di lokasi pusat sementara, seperti Skateboarding di Place de la Concorde, anggar di ruang pameran Grand Palais, dan voli pantai di depan Menara Eiffel.

“Kami tidak memerlukan stadion baru,” kata Agathe Chaigneau, pedagang seni Paris berusia 50 tahun, saat melintasi Jembatan Alexandre III, titik awal triatlon dan renang maraton.

“Mereka mengubah kota ini menjadi stadion besar. Sungguh sulit dipercaya,” tambahnya.

Sekitar 500.000 orang turun ke jalan Paris akhir pekan lalu untuk menonton balap sepeda. Masyarakat diperkirakan akan kembali mengikuti lari maraton pada Sabtu (10/8/2024) dan Minggu (11/8/2024).

Baca Juga: Grand Palace Venue Olimpiade Paris 2024 Terkena Serangan Ransomware Dengarkan berita terkini langsung di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top