Telat Ganti Oli Motor, Wanita Ini Rugi Uang Jutaan Rupiah

JAKARTA, virprom.com – Mengganti oli mesin seringkali diabaikan oleh pemilik mobil. Padahal, oli mempunyai banyak peran: selain sebagai pelumas, oli juga berperan sebagai pembersih, pendingin, dan sealer.

Untuk itu kualitasnya harus dijaga agar fungsi-fungsi tersebut dapat berjalan dengan baik, yaitu dengan melakukan penggantian secara berkala dan tepat waktu.

Namun yang sering terjadi pada masyarakat adalah menunda penggantian oli sehingga menyebabkan performa dan ketahanan mesin lebih cepat menurun.

Baca juga: Dominasi Bagnaia di Assen, Ini Rekornya

Jangan seperti wanita dalam postingan akun Instagram @lowslowmotif. Wanita ini harus merogoh kocek hampir Rp 2 juta hanya karena terlambat mengganti oli mesin.

Dalam unggahan tersebut juga dijelaskan bahwa wanita tersebut harus melakukan penggantian sejumlah bagian mesin, mulai dari piston steering, bantalan engkol Amerika, segel engkol magnetik Amerika, hingga saher dan cam katup.

“Pelajaran penting adalah lebih baik terlambat menghentikan perawatan kulit daripada terlambat mengganti oli mesin,” tulis postingan tersebut.

Sumantri Tanuwijaya, pemilik Bengkel Jaya Motor Cikupa Tangerang, mengatakan penggantian oli mesin yang terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai bagian mesin.

“Betul, karena di mesinnya hanya ada besi. “Kalau tidak ada minyak, maka setrika akan bergesekan dengan setrika. Fungsi minyak adalah untuk melumasi setrika,” kata pria yang akrab disapa Jaya ini, Minggu (30/6/2024).

Baca juga: Peringkat MotoGP Usai GP Belanda 2024, Bagnaia Tetap Dekati Martin

Menurut Jaya, poros engkol, piston, lapisan (blok) piston, dan kepala piston mengalami kerusakan.

Kalau rusak bisa kurang dari Rp2 juta, bahkan lebih dari Rp2 juta, tergantung jenis kerusakan dan jenis mesinnya, kata Jaya.

Berdasarkan rekomendasi pabrikan, interval penggantian oli mesin adalah setiap 2.000 km hingga 4.000 km sekali, atau kurang lebih setiap dua bulan atau empat bulan sekali, tergantung penggunaan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top