Bocoran Spesifikasi Calon GPU Baru Intel, Battlemage

virprom.com – Pada ajang Computex 2024 di Taiwan Juni lalu, Intel mengonfirmasi terus mengembangkan produk GPU diskrit dan memamerkan inti (die) chip grafis generasi keduanya yang diberi kode Battlemage.

Belakangan, seorang pengguna di forum AnandTech menemukan boot log yang berisi deskripsi spesifikasi salah satu GPU keluarga Intel Battlemage.

GPU tersebut antara lain memiliki memori video (VRAM) berkapasitas 12 GB dengan lebar bus 192 bit sehingga menghasilkan bandwidth 456 GB/s.

Jika benar, maka Battlemage akan menjadi GPU Intel pertama yang memiliki memori dengan kapasitas tersebut. Sebelumnya, Arc A750 dan A770 dari keluarga GPU Intel Alchemist diketahui memiliki lebar bus 256-bit dengan kapasitas 8 GB dan 16 GB.

Baca juga: Intel Jelaskan Alasan Prosesor Gen 13 dan Gen 14 Tidak Stabil

Konfigurasi memori 12GB 192-bit banyak digunakan pada produk kartu grafis mainstream seperti GeForce RTX 4070 dan Radeon RX 6750 XT dan RX 7700 XT. Jadi, Intel Battlemage dalam bocoran ini mungkin akan menjadi model GPU mainstream.

Indikasi lainnya adalah spesifikasi GPU yang tergolong mid-range. Menurut bocorannya, model GPU Battlemage yang dimaksud memiliki 24 core grafis Xe2, 192 unit eksekusi, performa presisi tunggal 15 TFLOP, dan clock dasar 1,8 GHz.

Puka menyatakan model GPU Battlemage akan 50 persen lebih cepat dibandingkan Intel Arc A750 sebelumnya, namun masih lebih lambat dibandingkan Radeon RX 6800 dan GeForce RTX 3070 Ti.

Baca juga: Intel PHK 15.000 Pekerja Karena Penurunan Pendapatan

Namun seperti dihimpun KompasTekno dari VideoCardz, Senin (12/8/2024), model GPU Battlemage bukanlah satu-satunya, karena diketahui setidaknya ada dua model lain di papan atas dan bawah, masing-masing berkapasitas 30 Xe2. inti dan -20 inti Xe2.

Battlemage sendiri merupakan arsitektur grafis generasi berikutnya dari Intel yang mengimplementasikan banyak perbaikan dibandingkan arsitektur Alchemist sebelumnya, termasuk kemampuan pemrosesan AI yang lebih baik dan pemrosesan ray tracing yang lebih cepat.

Dibandingkan Alchemist, peningkatan performa Battlemage diperkirakan sekitar 1,5x. Keluarga GPU ini kemungkinan akan diluncurkan sebelum tahun 2025, namun tanggal pastinya masih belum diketahui. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top