BMW Pekerjakan Robot Humanoid di Pabrik Perakitan

 

JAKARTA, virprom.com – Pabrikan mobil asal Jerman, BMW, menggunakan robot humanoid di pabrik perakitan mobilnya di Spatenburg, Jerman.

BMW menggunakan Gambar 02 untuk melakukan beberapa pekerjaan substruktur pada komponen kendaraan. Diasumsikan bahwa BMW sedang mengevaluasi robot tersebut untuk kemungkinan penggunaan produksi.

Baca juga: Angkutan Umum Gagal Mendaki dan Jatuh di Bogor

Robot Gambar 02 merupakan robot yang diproduksi oleh sebuah perusahaan di Amerika Serikat. Menurut Bild, ini adalah robot tercanggih yang tersedia saat ini yang dapat dibeli dan digunakan.

 

Dengan kata lain, ini bukanlah ciptaan satu kali seperti berbagai prototipe robot. Jika BMW menyukainya, era robot humanoid mungkin sudah dekat.

Meski BMW sendiri mengatakan tes terakhir Bild 02 berhasil. Namun, perusahaan masih dalam proses mempertimbangkan untuk menggunakannya untuk tugas-tugas dunia nyata.

Milan Nedelkovic, anggota manajemen produksi BMW, mengatakan, seperti dilansir Motor1, Senin (12/8/2024): “Pendekatan di bidang robotika sangat menjanjikan.”

Baca Juga: Harga MPV Mewah Bekas Agustus 2024, Alphard Mulai Rp 100 Jutaan

“Dengan operasi percontohan awal, kami sekarang menentukan kelayakan penggunaan robot humanoid dalam produksi. “Kami ingin mendampingi teknologi ini mulai dari pengembangan hingga industrialisasi,” ujarnya.

Di dalam pabrik, Gambar 02 bertugas memuat bagian logam tertentu ke dalam perlengkapan. BMW tidak hanya memantau kinerjanya, tetapi juga mencatat bagaimana robot berinteraksi dengan lingkungannya.

Pengerjaannya memerlukan waktu yang cepat dan harus tepat. BMW sengaja memilih ini untuk menunjukkan kemampuan robotnya yang presisi dan sensitif. Dengarkan berita dan tips terbaru kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top