Menjaga Kesehatan Mental Saat Menghadapi Macet di Jalan

Jakarta, virprom.com – Kemacetan lalu lintas yang merupakan bagian hidup yang tak terhindarkan di kota besar menjadi sumber stres yang besar bagi banyak orang. Terjebak dalam antrean panjang mobil selama berjam-jam hanya membuang-buang waktu, merusak suasana hati, menimbulkan kecemasan, dan meningkatkan stres.

Oleh karena itu, setiap pengemudi harus memiliki strategi kesehatan yang efektif untuk menghadapi situasi ini.

Angita H. Pandjaitan, M.D., psikolog klinis dewasa dari Biro Psikologi Mindful, menjelaskan bahwa salah satu cara mengatasi stres akibat kemacetan lalu lintas adalah dengan mempersiapkan diri secara fisik dan mental sebelum memulai perjalanan.

Baca juga: AHM Gelar Kontes Perawatan Honda Nasional ke-15

“Pada dasarnya kalau tubuh sehat, stres bisa dikelola dengan lebih baik. Olahraga teratur sangat dianjurkan,” kata Angita kepada virprom.com, Rabu (8 Juli 2024).

Kesehatan jasmani memberikan landasan yang kokoh untuk mengatasi tekanan mental yang dapat ditimbulkan oleh kemacetan lalu lintas. Olahraga membantu menjaga tubuh Anda tetap bugar dan juga meningkatkan mood serta mengurangi stres.

Selain itu, Pak Angita juga menyarankan agar pengemudi mengatur kegiatan rekreasi selama perjalanannya.

“Pastikan Anda memiliki sesuatu yang bersifat rekreasi untuk dinikmati saat bepergian, seperti playlist musik favorit, podcast, atau stasiun radio favorit. Jika butuh ketenangan, Anda juga bisa menyiapkan playlist musik santai,” ujarnya.

Baca juga: TVS Buka Diler Baru di Banjarmasin

Dengan cara ini, Anda dapat membuat waktu yang Anda habiskan di jalan menjadi lebih produktif dan menyenangkan, serta membantu Anda menjaga keseimbangan mental bahkan dalam situasi stres. Dengarkan berita terkini dan cerita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top