KJRI Sydney Gelar Upacara HUT Ke-79 RI di Kensington Park

virprom.com, Sydney – Sekitar 800 orang dari berbagai latar belakang menghadiri perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 yang pertama kali diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Kensington Park, Sydney. 17 Agustus 2024.

Acara ini merupakan momen penting untuk menggalang persatuan dan kebanggaan bangsa di kalangan WNI dan ekspatriat Indonesia yang tinggal di Australia, sekaligus mewujudkan semangat “Pulau Baru, Indonesia Maju”.

Perayaan diawali dengan upacara pengibaran bendera merah putih yang dipimpin oleh Wedi Kurnia Buana, Konjen RI Sydney sekaligus Inspektur Upacara.

BACA JUGA: Perayaan HUT RI ke-79 di Melbourne: Anak-anak sekolah memadati kerumunan yang heboh meski diguyur hujan

Upacara tersebut menarik partisipasi aktif generasi muda Indonesia di Sydney, antara lain para pelajar, pemegang visa WHV, dan perwakilan masyarakat Indonesia yaitu Keluarga Mahasiswa Islam Indonesia (KPII) Sydney yang merupakan anggota Paskibra dan petugas upacara.

Generasi muda terpilih mendapat pelatihan intensif dari Kapten Angkatan Laut Muhammad Ali yang juga menjabat sebagai Pembawa Acara.

Ditengah kesibukan akademik dan pekerjaan, para anggota Paskibra dan petugas upacara tetap berkomitmen untuk berlatih dan menjalankan tugasnya, bermain merah putih dengan diiringi lagu kebangsaan Paduan Suara Pemuda Indonesia “Indonesia Raya”. Gereja Reformasi Injili Sydney menambah suasana emosional “Negeri Kangaroo”.

Siaran pers yang dikeluarkan KJRI Sydney menyebutkan, pengibaran bendera merah putih di Kensington Park seolah mengingatkan seluruh hadirin pada upacara tersebut akan pentingnya menjaga semangat kemandirian dan mempererat persaudaraan antar saudara sebangsa. .

Hari Kemerdekaan tidak hanya menjadi momentum mengenang perjuangan negara, namun juga menjadi momentum untuk bersatu, bekerjasama dan mengharumkan nama baik Indonesia di kancah internasional.

Konjen Wade juga merasa bangga atas persatuan masyarakat Indonesia di Sydney dalam kegiatan persahabatan tersebut.

“Saya sangat bangga melihat kuatnya semangat persatuan dan integritas masyarakat Sydney. Saya berharap dimanapun mereka berada, mereka dapat menjadi duta bangsa Indonesia dan menjadi contoh yang baik bagi dunia internasional.”

Baca Juga: AS Rayakan HUT RI ke-79, Blinken Ungkap Harapan ke Pemerintahan Prabowo

Ketua Tamu Dewan Kota St Randwick, Philippa Veitch, juga menyampaikan rasa terima kasihnya karena mampu menyatukan masyarakat dan komunitas Indonesia dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dan mengikuti berbagai kompetisi.

Anggota Dewan Philippa mengatakan persatuan masyarakat Indonesia erat dan hangat. “Saya sangat menyukai masyarakat Indonesia, mereka sangat ramah dan bersahabat.”

Melanie, warga negara Australia yang turut menghadiri upacara pengibaran bendera HUT ke-79 RI, juga mengucapkan hal serupa.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan ibu jari sebagai simbol rasa syukur atas kemerdekaan yang diraih.

Palu besar diserahkan kepada Rahayu Saraswati Jojohadikusumo (terpilih anggota Partai Demokrat 2024-2029) yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Australia dan kepada mereka yang berulang tahun di bulan Agustus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top