Apakah Bisa Hamil jika Berhubungan Menggunakan Kondom?

virprom.com – Pasangan yang menunda persalinan mungkin bertanya-tanya, apakah bisa hamil jika berhubungan seks dengan kondom?

Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan bila digunakan dengan benar.

Baca juga: Apakah Kencing Setelah Berhubungan Seks Bikin Susah Hamil?

Beberapa jenis kondom juga mengandung cairan pelumas yang mengandung spermisida untuk mencegah sperma berenang mencapai sel telur.

Untuk mengetahui apakah berhubungan seks dengan kondom bisa membuat Anda hamil, simak penjelasannya berikut ini. Bisakah Anda hamil jika berhubungan seks dengan kondom?

Beberapa pasangan ingin menunda atau menghindari kehamilan, misalnya karena belum siap secara finansial, memiliki masalah kesehatan, atau sudah memiliki anak.

Ada banyak pilihan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, antara lain pil KB, suntikan, implan atau implan KB, IUD, dan kondom.

Kondom seringkali dipilih sebagai alat kontrasepsi yang aman karena tidak menimbulkan efek samping hormonal seperti jerawat, kram menstruasi, perubahan suasana hati, peningkatan nafsu makan, dan penambahan berat badan.

Kondom membantu menjaga kebersihan organ intim dan mengurangi risiko penularan penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore, dan HIV.

Kondom efektif hingga 98 persen dalam mencegah kehamilan bila digunakan dengan benar.

Baca juga: Apa Akibat Berhubungan Seks Saat Menstruasi? Ini penjelasannya…

Menurut Planned Parenthood, cara terbaik mencegah kehamilan adalah dengan menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks, baik itu penetrasi (vaginal), anal, atau oral.

Pastikan untuk menggunakan kondom sejak foreplay atau saat penis ereksi hingga ejakulasi. Anda dan pasangan juga harus memeriksa apakah kondom sudah terpasang dengan benar di alat kelamin. Hal ini untuk menghindari tercabut dan lepasnya kondom.

Kemudian selalu gunakan kondom yang baru, belum terpakai dan kadaluwarsa untuk mencegah kerusakan aliran sperma ke rahim dan pembuahan.

Meski secara umum cara ini efektif, namun seseorang bisa hamil jika terkena kondom jika terjadi kebocoran atau robekan yang tidak disengaja.

Menggunakan kondom di tengah hubungan intim (bukan dari awal) atau hanya memakainya saat sperma keluar (ejakulasi) juga berisiko besar terjadinya kehamilan.

Oleh karena itu, pasangan yang tidak berencana hamil sebaiknya menggunakan alat kontrasepsi lain, seperti pil, suntik KB, atau alat kontrasepsi lain yang dianjurkan dokter.

Baca juga: 5 Jenis Orgasme pada Wanita dan Cara Mencapainya

  Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top