Jagung Bisa Mengobati Apa Saja? Berikut 6 Daftarnya…

virprom.com – Jagung tidak hanya enak dan mengenyangkan karena juga dapat menunjang kesehatan tubuh. Jadi apa yang bisa diobati dengan jagung?

Ternyata jagung yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi sembelit, prostatitis, dan menurunkan gula darah tinggi.

Meski bermanfaat bagi kesehatan, namun jumlahnya sebaiknya dibatasi, yakni tidak lebih dari tiga potong jagung ukuran sedang per hari, atau sesuai anjuran dokter.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa gangguan kesehatan yang gejalanya bisa dikurangi atau disembuhkan berkat manfaat jagung berikut ini.

Baca juga: Bisakah jagung menurunkan gula darah? Begini penjelasannya… Apakah jagung bisa menyembuhkan apa saja?

Ternyata jagung mampu meredakan gejala atau menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan, seperti sembelit, prostatitis, dan gula darah tinggi.

Dikutip dari Eating Well dan WebMD, berikut beberapa gangguan kesehatan yang gejalanya bisa dikurangi atau disembuhkan dengan manfaat jagung yang perlu Anda ketahui. Gangguan pencernaan

Jagung mengandung serat larut yang tinggi sehingga dapat mengobati beberapa gangguan pencernaan, seperti sembelit.

Jagung juga mengandung prebiotik yang dapat menutrisi bakteri baik di usus untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Gula darah tinggi

Jagung memiliki kandungan gula alami yang rendah, atau sekitar 4 gram untuk ukuran jagung sedang.

Selain aman bagi penderita diabetes, jagung memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga mampu mencegah kenaikan kadar gula darah dalam tubuh.

Baca juga: Apa Manfaat Makan Sayur Setiap Hari? Berikut adalah daftar 10…

Prostatitis

Jagung mengandung antioksidan alami yang disebut quercetin.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan jagung ini memiliki peran penting dalam pengobatan prostatitis, suatu peradangan pada prostat yang sering dialami oleh pria. Penyakit Alzheimer dan demensia

Kandungan quercetin pada jagung juga memiliki manfaat positif bagi kesehatan sel saraf dan mengurangi respon peradangan pada otak.

Manfaat jagung bagi kesehatan diyakini mampu mengurangi gejala demensia dan penyakit Alzheimer. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat keamanannya.

Baca juga: 9 Buah dan Sayur untuk Menurunkan Gula Darah, Ada Apel dan Brokoli

Jagung mengandung hampir 3 gram serat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga kecenderungan makan berlebihan bisa dikurangi.

Jagung juga mengandung pati resisten, yaitu pati yang tidak dicerna atau dipecah oleh enzim amilase, sehingga akan memberikan efek positif terhadap penurunan berat badan.

Pemahaman bahwa jagung dapat mengobati segala hal sangatlah penting agar Anda bisa mulai mengonsumsinya secara rutin.

Meski secara umum aman dan tidak akan memberikan efek buruk bagi kesehatan, jagung mengandung gula alami yang dapat meningkatkan kadar gula darah jika dikonsumsi berlebihan, terutama pada penderita diabetes dan gula darah tinggi.

Untuk itu, disarankan untuk menghindari atau membatasi kebiasaan makan jagung setiap hari, tidak lebih dari 3 potong jagung berukuran sedang, atau sesuai anjuran dokter. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top