Apakah ‘Angin Duduk’ Berbahaya? Ini Ulasannya…

virprom.com – ‘Angin duduk’ dalam dunia medis merupakan salah satu jenis nyeri dada yang disebut angina.

Mengutip Cleveland Clinic, angina bukanlah suatu penyakit, melainkan tanda peringatan penyakit jantung.

Kondisi yang oleh masyarakat awam dijuluki ‘angin duduk’ ini terjadi ketika otot jantung membutuhkan oksigen lebih banyak dari biasanya, namun ada sesuatu yang menghalanginya.

Baca juga: Mengenal Angina Pectoris yang kerap dijuluki Angin Duduk

Penyebab “angin duduk” biasanya berkaitan dengan penyakit jantung koroner, yaitu adanya penggumpalan darah atau aterosklerosis yang menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah menuju jantung (arteri koroner).

Hal ini membatasi jumlah darah yang membawa oksigen ke jantung.

Jadi, ‘angin duduk’ bisa berbahaya.

Angina pektoris tidak memerlukan penanganan darurat, kecuali nyeri dada tiba-tiba memburuk atau tidak hilang dengan istirahat atau pengobatan.

Nyeri dada jenis ini biasanya terjadi pada cuaca dingin atau saat seseorang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Baca juga: Apa Arti Angin Duduk dalam Dunia Medis? Berikut ulasannya… Kapan sebaiknya saya pergi ke pelayanan kesehatan?

Angina pectoris adalah kondisi sementara dan berulang yang berlangsung selama beberapa menit.

Dikutip dari Medline Plus, kondisi yang paling sering muncul saat melakukan aktivitas fisik atau stres ini biasanya berlangsung selama 1-15 menit.

Serangan ini bisa terjadi kapan saja sepanjang hari. Namun, “angin duduk” sering terjadi antara pukul 6 pagi hingga siang hari.

Angina pektoris seringkali membaik setelah mengonsumsi obat-obatan seperti nitrogliserin.

Dapatkan bantuan medis segera jika Anda merasakan nyeri atau tekanan dada yang baru, tidak biasa, dan tidak dapat dijelaskan.

Baca juga: Para Ahli Sebut Gejala Angin Duduk Bisa Mirip Sakit Maag

Jika Anda pernah menderita angina sebelumnya, hubungi dokter Anda.

Sebaiknya Anda segera ke IGD jika mengalami gejala “angin duduk” berikut ini: Tidak membaik setelah 5 menit mengonsumsi nitrogliserin.

Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter yang menangani ‘angina duduk’ Anda jika: Anda lebih sering mengalami gejala angina Anda mengalami angina saat duduk (angina at rest) Anda lebih sering merasa lelah Anda merasa pusing atau ingin pingsan Jantung berdebar sangat kencang lambat (kurang dari 60 denyut per menit) atau sangat cepat (lebih dari 120 denyut per menit), atau tidak stabil (tidak teratur) Anda kesulitan minum obat jantung Anda mengalami gejala lain yang tidak biasa

Penderita angina pectoris yang kehilangan kesadaran atau pingsan sebaiknya segera mendapatkan pertolongan medis.

Baca Juga: Viral Sopir Taksi Diduga Masuk Angin Saat Duduk, Ini Cara Pertolongan Pertama Menurut Dokter…

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top