Mahasiswa Bangladesh Dorong Peraih Nobel Yunus Pimpin Pemerintahan Sementara

Dhaka, virprom.com – Mahasiswa Bangladesh menggelar aksi damai pada Selasa (6/8/2024) untuk menekan peraih Nobel Muhammad Yunus agar memimpin pemerintahan sementara.

Ini terjadi sehari setelah Perdana Menteri Sheikh Hasina digulingkan dari pemerintahannya dan tentara mengambil alih kekuasaan.

Dalam pernyataan video, kata Ketua Anti Diskriminasi Mahasiswa (SAD) Naheed Islam.

Baca juga: Ini Profil Panglima Angkatan Darat Bangladesh Jenderal Waqar-uz-Zaman.

“Kami telah memutuskan untuk membentuk pemerintahan sementara di mana peraih Nobel yang terkenal secara internasional Dr Muhammad Yunus akan menjadi penasihat utama,” kata Nahid kepada AFP.

Sementara itu, panglima militer Bangladesh Jenderal Waqar-uz-Zaman mengatakan dalam siaran di televisi pemerintah pada hari Senin bahwa Sheikh Hasina telah mengundurkan diri sebagai perdana menteri dan tentara akan membentuk pemerintahan sementara.

Walker diperkirakan akan bertemu dengan para pemimpin mahasiswa pada Selasa malam.

Yunus, 84 tahun, seorang ekonom terkenal, dipuji karena berhasil mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan melalui bank keuangan mikro yang ia dirikan, namun ia menuduh Hasina meminum darah orang miskin.

Hasina, 76, telah berkuasa sejak 2009 namun dituduh melakukan kecurangan dalam pemilu bulan Januari dan bulan lalu jutaan orang turun ke jalan menuntut penggulingannya.

“Kami percaya pada Dr. Yunus,” tulis Chief Executive SAD Group Asif Mahmood di media sosial Facebook.

Baca juga: Negara-negara Barat mendesak Bangladesh melakukan transisi demokrasi

Yunus saat ini berada di Eropa dan seorang pembantu dekatnya mengatakan pada Senin malam bahwa tentara belum mendekatinya untuk memimpin pemerintahan sementara. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top