Melewatkan Waktu Makan Jadi Satu Pantangan Penderita Pradiabetes

virprom.com – Pola hidup sehat memang bisa menyembuhkan penyakit diabetes, namun melewatkan makan hanya akan menghambat aktivitas Anda.

Menurut Mayo Clinic, diabetes terjadi ketika gula darah Anda lebih tinggi dari biasanya, namun tidak cukup tinggi untuk disebut diabetes tipe 2.

Namun, tanpa perubahan gaya hidup yang lebih baik, orang dewasa dan anak-anak dengan pradiabetes berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2.

Baca juga: Kapan Seseorang Dianggap Mengidap Pradiabetes? Ini menjelaskan…

Jika Anda menderita diabetes, dampak diabetes sudah mulai terasa, terutama pada jantung, pembuluh darah, dan ginjal.

Perubahan gaya hidup untuk membalikkan kondisi ini termasuk makan makanan sehat, aktif, menurunkan berat badan, dan berhenti merokok.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penderita diabetes tidak boleh melewatkan waktu makan.

Bahkan jika Anda mengikuti perubahan gaya hidup yang lebih sehat, pola makan yang cenderung Anda lewati dapat membuat Anda lebih sulit mengontrol gula darah, seperti dilansir dari Eating Well.

Lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui mengapa penderita diabetes melewatkan dan menghindari makan.

Baca juga: Bagaimana Jika Pradiabetes Tidak Diobati? Begini Penjelasannya… Kenapa Tas Belanja Penderita Diabetes Rusak?

Menyebutkan makanan yang baik adalah melewatkan waktu makan yang biasa bagi penderita diabetes yang bermasalah karena: Kadar gula darah yang tidak dapat dipertahankan.

Melewatkan waktu makan dapat menyebabkan kadar gula darah turun sepanjang hari.

Gula darah turun lebih sedikit saat Anda melewatkan makan dan naik lagi saat Anda makan, kata Jocelyne Loran, RD, CDCES, spesialis perawatan dan pendidikan diabetes di Universitas Maryland Charles Regional Health.

Kadar gula darah yang berfluktuasi lebih baik bagi tubuh.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kadar gula darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan depresi, gemetar, berkeringat, gugup, cemas, marah dan bingung, lesu, atau lapar.

Menurut sebuah penelitian tahun 2019 yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition, melewatkan waktu makan, terutama saat sarapan atau makan siang, dapat meningkatkan gula darah lebih banyak dibandingkan waktu makan lainnya dalam sehari.

Baca juga: Bagaimana cara mengobati pradiabetes? Berikut langkah-langkahnya… Tingkatkan minat

Kadar gula darah mempengaruhi rasa lapar dan nafsu makan. Jika Anda melewatkan waktu makan, Anda akan merasa lapar nantinya.

Menurut Emily Van Eck, MS, RD, ahli diet terdaftar di Austin, Texas, semakin lapar Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk makan.

Akibatnya, sulit bagi Anda untuk tetap sadar akan rasa kenyang dan mengontrol gula darah.

Pola makan ini dapat memperburuk sensitivitas insulin seiring berjalannya waktu, menurut sebuah penelitian tahun 2023 yang diterbitkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics.

Oleh karena itu, melewatkan makan dianjurkan bagi penderita pradiabetes, karena dapat meningkatkan nafsu makan dan menyebabkan kadar gula darah berfluktuasi sepanjang hari. 

Baca juga: Informasi Diabetes pada Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua dari Berita dan Pesan Kami di Ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top