Duplikat Bendera Pusaka Tiba di Nusantara, Akan Disimpan di Istana Negara IKN

JAKARTA, virprom.com – Karnaval Penggandaan Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi yang dimulai di Monas, Jakarta, berakhir di Istana Negara Ibu Kota Kepulauan (IKN), Kalimantan Timur, pada Sabtu (10/8/2024). .

Berdasarkan tayangan Kompas TV, sejumlah kendaraan taktis Maung (Ranti), kendaraan pengamanan, dan kendaraan pendukung disertai arak-arakan dua bendera dan teks proklamasi tiba di Istana Negara IKN sekitar pukul 15.28 Wita.

Setibanya di sana, mobil Maung dan konvoi kendaraan lainnya disambut antusias oleh para siswa SD dan SMP yang menunggu di Istana Negara IKN.

Para siswa bersorak sambil mengibarkan bendera kecil berwarna merah putih yang mereka bawa.

Baca Juga: Maung Pindad cadangan Karnaval Bendera Pusak ganda dari Jakarta ke IKN

Lalu mobil Maung berhenti di tengah lapangan.

Kehadiran kendaraan rangkaian ini sangat ditunggu-tunggu oleh para purnawirawan Paskibrak Kaltim 2023 serta para perwira TNI yang akan menyaksikan penyerahan duplikat bendera dan teks pengumuman kepada Kepala Sekda. Presiden (Kasetpres). ) Heru Buda Hartono.

Nantinya, salinan bendera merah putih peninggalan dan teks proklamasi akan disimpan di Gedung Negara IKN.

Pada peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia (RI) di IKN pada 17 Agustus 2024 atau Sabtu pekan depan, Presiden Joko Widodo akan memberikan bendera yang sama kepada Timnas Paskibrak yang akan berkibar pada 2024.

Sementara teks deklarasi akan dibacakan pada upacara yang sama.

Sebelumnya, bendera Merah Putih beserta proklamasi dikibarkan dari kawasan Monas, Jakarta Pusat menuju Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, untuk diterbangkan ke Kalimantan Timur.

Prosesi karnaval dari Monas hingga Halim Perdanakusum dimulai pukul 08.00 WIB menempuh jarak 14 kilometer dalam waktu 1 jam 15 menit.

Pertandingan yang dipimpin oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono ini bisa disaksikan langsung oleh warga Jakarta.

Baca Juga: Menonton Pawai Bendera Merah Putih, Guru: Sepertinya Kita Ikut Sejarah

Dari Lanud Halim Perdanakusuma, duplikat bendera dan teks proklamasi dikibarkan menuju Kalimantan Timur.

Dua benda bersejarah Indonesia itu tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur sekitar pukul 12.04 Wita.

Setelah itu, bendera serupa dengan teks pengumuman dikirimkan ke IKN. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top