Toyota Siapkan Innova Zenix Hybrid Vegetarian di GIIAS 2024

JAKARTA, virprom.com – Mengikuti konsep multimetode, Toyota berupaya mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan emisi karbon dioksida dengan berbagai cara, salah satunya adalah penggunaan bahan bakar bioetanol.

Jelang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar di ICE BSD pada tahun 2024. 18-28 Juli, Redaksi virprom.com bertemu Innova Zenix HEV – Flexy Fuel Bioetanol.

Baca juga: Bakal Kunjungi Indonesia, Paus Fransiskus Tak Mau Gunakan Kendaraan Khusus

virprom.com melihat “Zenix Hybrid Vegetarian” sedang disiapkan di parkiran GIIAS 2024. Logo Pertamina dan Toyota terlihat di pintu depan mobil.

Meski diketahui meminum “bahan bakar nabati”, belum ada penjelasan berapa persentase bioetanol yang dapat dikonsumsi Innova Zenix HEV – Flexy Fuel.

Bicara bioetanol, Toyota juga sebelumnya meluncurkan Fortuner bertenaga bioetanol dan Corolla Cross EV Flexy Engine di GIIAS 2023.

Saat itu, Flexy Fuel Converted Fortuner dirakit oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan kompatibel dengan bahan bakar 100 persen bioetanol atau E100.

Baca juga: Kehabisan Pilihan, Joan Mir Terpaksa Bertahan di Honda.

Sedangkan untuk produk sebelumnya, Innova Zenix HEV – Flexy Fuel yang akan dihadirkan di GIIAS 2024 juga sama, artinya diproduksi di TMIIN dan bisa meminum bioetanol murni.

Saat ini Indonesia belum menjual bioetanol murni. Produk bioetanol baru tersebut dipasarkan Pertamina dengan merek Pertamax Green 95.

Baca juga: 12 Sasaran Pelanggaran dalam Operasi Taat Pura 2024 di Jateng

Pertamax Green 95 diperoleh dengan mencampurkan Pertamax RON 92 dengan etanol 5% (E5). Dengan demikian, bioetanol dihasilkan, yang dikatakan hanya mengeluarkan sedikit polutan.

Bioetanol dikatakan lebih baik bagi lingkungan karena rendah sulfur.

Sebagai perbandingan, kandungan sulfur pada bensin bisa mencapai 500 ppm, sedangkan bioetanol hanya 50 ppm. Kadar sulfur yang tinggi tentunya akan mempengaruhi kualitas udara dan kesehatan manusia. Dengarkan berita terbaik dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk masuk ke saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top