Alasan Ducati Mengurangi Jumlah Motor Pabrikan

JAKARTA, virprom.com – Ducati akan menerapkan strategi baru pada musim 2025 dengan jumlah mesin pabrikan yang lebih sedikit. Mulai tahun depan, Ducati hanya akan menawarkan tiga Desmosedici GP25.

Hingga musim ini, Ducati masih menawarkan empat motor resmi atau tim pabrikan. Dua unit digunakan Ducati Lenovo, dan dua unit lagi digunakan Pramac Racing.

Baca juga: Pertamina Enduro VR46 Menjadi Tim Satelit Terbesar Ducati

Mulai musim depan, Tim Balap Pertamina Enduro VR46 akan menjadi tim satelit utama Ducati. Tim asuhan Valentino Rossi akan menggantikan Pramac Racing yang beralih ke Yamaha.

Namun, VR46 hanya akan mendapatkan satu motor pabrikan Desmosedici GP25, dan itu untuk Fabio Di Giannantoni. Sedangkan rekan setimnya akan menggunakan mesin Desmosedici GP24 pada tahun ini.

Gigi Dall’Igna, General Manager Ducati Corse, mengatakan pihaknya tidak merasa perlunya pebalap baru membalap mesin pabrikan sejak awal, karena tekanan yang ditimbulkan.

Baca Juga: Punya Dua Juara Dunia, Kata Bos Yamaha Tentang Ducati

“Pada akhirnya kami mengurangi jumlah mesin karena kami beralih dari delapan menjadi enam, dan kompromi terbaik bagi kami adalah memiliki tiga dan tiga: tiga mesin pabrikan dan tiga mesin vintage,” kata Dall’ Igna, menurut Crash net, Sabtu, 8 Oktober 2024.

“Ini adalah kompromi terbaik bagi kami dan menurut saya ini penting karena alasan kami ingin memiliki tim satelit adalah untuk mengembangkan pembalapnya,” kata Dall’Igna.

Menurutnya, pembalap baru tidak memerlukan mesin resmi, karena mesin resmi berarti tekanan lebih besar. Jadi terkadang lebih baik mulai bersepeda tahun lalu.

Sementara pabrikan lain akan tetap menawarkan empat motor pabrikan. Hanya Ducati yang mengandalkan tiga mesin.

“Tapi menurut saya tidak terlalu penting bagi seorang pebalap profesional untuk memiliki empat motor yang berfungsi. Padahal, dengan motor tahun lalu kami bisa mengembangkan dan memahami cara meningkatkan mesinnya,” ujarnya. Dengarkan berita dan pilihan terbaru kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran baru favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top