Salah Satu Sebab Peralihan Motor Listrik Lambat

TANGERANG, virprom.com – Penggunaan motor listrik masih sedikit dibandingkan sepeda motor bertenaga bensin. Meski pemerintah mengeluarkan subsidi untuk mempercepat proses transformasi.

Agus Purvadi, peneliti otomotif dan akademisi ITB Bandung, menilai penyebaran sepeda motor listrik belum cukup cepat karena pemerintah bukanlah salah satu early adopsi atau pihak pertama yang menggunakan motor listrik.

Baca Juga: Setelah Toyota, Subaru WRX Pakai Bahan Bakar Balap Sintetis

“Sebenarnya harga sepeda motor sudah murah dengan adanya subsidi. Tapi kenapa masyarakat tidak pindah hanya karena performanya,” kata Agus yang baru saja diterima di Tangerang.

“Oleh karena itu, jika kita ingin pemerintah menjadi early adaptor, maka pemerintah juga harus mengajak masyarakat untuk lebih serius,” kata Agus.

Saat ini, untuk menarik minat masyarakat membeli sepeda motor listrik, pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan mulai dari insentif Rp7 juta, kebijakan TKDN hingga konversi sepeda motor berbahan bakar bensin menjadi sepeda listrik.

Baca Juga: PO Surya Mas Bali luncurkan dua bus baru dengan Jetbus 5

Namun, menurut Agus, kebijakan tersebut masih belum ada karena pemerintah belum menerima motor listrik dalam kegiatan operasional sehari-hari. Meski harga motor listrik pada dasarnya lebih murah dibandingkan mobil listrik.

Jika pemerintah serius mengadopsi motor listrik, maka sistem pengisian dan penggantian baterai yang saat ini menjadi permasalahan besar masyarakat akan teratasi dengan sendirinya.

 

Dia menambahkan, “China adalah bukti bahwa mereka bertaruh pada awalnya bahwa mereka (pemerintah) akan membelinya terlebih dahulu. Dia berkata: ‘Cobalah.’

Berdasarkan catatan Kementerian Perindustrian (KIMENBRIN), hingga Mei 2024, jumlah kendaraan listrik mencapai 144.547 unit, terdiri dari kendaraan roda dua, roda tiga, penumpang, serta bus dan truk.

Adapun data yang tercatat pada Januari 2024, jumlah motor listrik di Indonesia mencapai 75 ribu unit. Relatif kecil dibandingkan seluruh 6,2 juta penjualan sepeda motor baru pada tahun 2023. Dapatkan berita terkini dan kumpulan berita kami tersedia langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top