TNI Latihan Deteksi Pesawat Asing Masuk Wilayah Udara RI, Ini Urutan Komandonya

JAKARTA, virprom.com – Rencananya pesawat asing akan terdeteksi memasuki wilayah udara Indonesia pada Latihan Sikatan Daya 2024 di wilayah udara Komando Operasi Udara II, Selasa (9/7/2024).

Pesawat asing tersebut terdeteksi oleh pesawat jenis Boeing 737-200 dari Skuadron Udara 5 Pangkalan Udara (Landasan Udara) Sultan Hasanuddin dengan call sign “Camar Flight” yang melakukan operasi pengawasan maritim terbang di ketinggian 15.000 kaki.

Saat ditemukannya pesawat asing tersebut, Komandan Skadron Udara 5 Letkol (Pnb) Devi Oktaviandra langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Kepala Satgas Gabungan Udara.

Komandan Satgas Gabungan Udara memerintahkan Komandan Satuan Tempur F-16 untuk melakukan intersepsi.

“Pekerjaan ini disebut juga dengan pekerjaan pertahanan udara, dimana pekerjaan ini untuk melindungi kehancuran kekuatan udara yang dilakukan musuh atau lawan di wilayah operasi,” tulis siaran pers Pusat Penerangan TNI. (Puspen), Rabu (10/7/2024).

Baca Juga: TNI AU Selesaikan Pemasangan Radar di IKN Indonesia Timur

Pekerjaan ini dilakukan untuk menjaga ketinggian udara sehingga dapat tercapai pengendalian udara atau air control di wilayah udara Indonesia.

Acara Sikatan Daya 2024 merupakan program pelatihan antar satuan Koopsud II untuk menguji kesiapan dan kemampuan pasukan, satuan, dan perlengkapan sistem senjata Koopsud II (alutsista).

Pelatihan Sikatan Daya tahun ini berpusat di Air Weapon Range (AWR) Pandan Wangi, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dengarkan Injil dan pilihan pesan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran pesan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top