Apa Ciri-ciri Kanker Paru-paru? Berikut Penjelasan Dokter

virprom.com – Di seluruh dunia, kanker paru-paru merupakan penyebab kematian akibat kanker pertama pada pria. Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan kewaspadaan dengan mengetahui ciri-ciri kanker paru-paru.

Dokter spesialis pulmonologi dan kedokteran pernafasan RSUD Pasar Mangu, dr. Ririn Rizika Ramdhani MARS Sp.P.FAPSR FISR mengatakan, ada gejala tertentu yang perlu diwaspadai terkait kanker paru dan memerlukan deteksi dini.

Baca juga: Apa saja pengobatan kanker paru-paru? Di bawah ini penjelasan dari Dr.…

Gejala kanker paru-paru dapat dirasakan ketika tumor menyerang lapisan paru-paru, yang pertama adalah batuk dan sesak napas yang tidak dapat ditentukan oleh penyakit lain.

“Itu disebabkan oleh tumor yang masuk ke saluran napas.” Jika tumornya cukup besar atau terdapat kumpulan cairan di rongga dada, tumor bisa menyebar ke area atau bagian lain paru-paru. Seorang pasien akan mengalami sesak napas,” ujarnya dalam diskusi kesehatan di RSUD Pasar Minggu.

Selain batuk dan sesak napas, kanker paru-paru juga bisa dideteksi saat seseorang mengalami pendarahan. Pasalnya, tumor sudah berada di daerah pusat pernapasan atau di antara paru-paru sehingga menimbulkan lubang yang dapat melukai pembuluh darah paru-paru.

Dokter lulusan Universitas Indonesia ini mengatakan, gejala lain yang sering dikeluhkan pasien adalah nyeri dada karena tumor menekan arteri dan vena.

Yang penting kita juga perlu mewaspadai pembengkakan pada wajah dan tangan, yang bisa disebabkan oleh tumor besar yang menekan pembuluh darah, lanjut Reirin.

Ren mengatakan sebagian besar pasien di Indonesia memiliki kondisi tumor yang parah dan stadium lanjut sehingga penatalaksanaannya lebih sulit jika didiagnosis sejak dini.

Baca juga: Skrining Kanker Paru yang Efektif dengan Metode LDCT

Ia juga mengatakan, data rumah sakit yang menangani kanker paru-paru dan payudara menunjukkan bahwa 92 persen kanker paru-paru terjadi antara usia 40 dan 60 tahun, dengan mayoritas adalah laki-laki.

Deteksi dan skrining dini penting dilakukan untuk mengenali gejala kanker paru itu sendiri dan mencegah risiko yang dapat dicegah seperti menghindari rokok, paparan polutan, dan pekerjaan berbahaya seperti paparan asbes.

“Kami berupaya menurunkan angka kasus baru kanker paru dengan melakukan pencegahan dan fokus pada faktor risiko, terutama faktor risiko yang dapat dikendalikan,” ujarnya. . Ren.

Bagi seseorang yang terpapar atau terpapar faktor risiko, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan angka harapan hidup dengan menyelenggarakan program skrining dan program deteksi dengan pemeriksaan tambahan seperti CT scan dosis rendah. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top