Apakah Penderita Kanker Tulang Bisa Sembuh? Ini Penjelasannya..

virprom.com – Kanker tulang adalah pertumbuhan sel kanker yang dimulai di tulang mana pun, namun paling sering menyerang tulang paha. Lalu apakah kanker tulang bisa disembuhkan?

Diketahui bahwa kanker tulang dapat diobati dengan baik jika terdeteksi sejak dini atau jika sel kanker belum menyebar ke organ lain.

Lihat di bawah untuk informasi lebih lanjut tentang apa yang dirasakan pasien kanker tulang dan pengobatannya.

Baca juga: Hindari Kanker Tulang, Kenali Gejalanya Apa yang Dirasakan Penderita Kanker Tulang?

Beberapa penderita kanker tulang tidak mengalami gejala apa pun selain adanya benjolan di area tulang yang tidak menimbulkan rasa sakit.

Namun, Klinik Cleveland melaporkan bahwa penderita kanker tulang mungkin juga memiliki keluhan lain, antara lain: Nyeri tulang yang biasanya bertambah parah di malam hari Pembengkakan yang tidak diketahui penyebabnya Kepadatan tulang menurun sehingga lebih mudah patah Kemerahan pada tulang yang terkena Penurunan berat badan Kesulitan tiba-tiba atau kehilangan gerak tubuh Kelelahan luar biasa Demam di atas 38 derajat.

Gejala kanker tulang yang disebutkan di atas hampir sama dengan penyakit lain seperti radang sendi, serangan asam urat, atau penyakit Lyme. Oleh karena itu, kasus kanker tulang seringkali terlambat terdiagnosis.

Kanker tulang dapat didiagnosis dengan rontgen atau pemindaian tulang, yaitu pemindaian bagian dalam tulang dengan pelacak radioaktif untuk mengetahui stadium kanker tulang.

Selain itu, CT, MRI dan PET juga dapat digunakan untuk mendiagnosis kanker tulang.

Baca juga: Mengenal Osteosarcoma, Kanker Tulang yang Menyerang Anak-Anak

  Apakah pasien kanker tulang bisa diobati?

Kanker tulang merupakan penyakit serius yang bisa berbahaya jika terlambat terdeteksi dan tidak ditangani dengan baik.

Kanker tulang dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh sehingga mudah terluka dan patah. Sel kanker bisa menyebar ke organ lain jika tidak segera diobati.

Namun kanker tulang dapat disembuhkan jika diagnosis ditegakkan saat kanker masih dalam tahap awal, sel kanker belum bermetastasis atau menyebar, segera diobati, dan memberikan respon positif terhadap pengobatan.

Pengobatan kanker tulang dilakukan oleh dokter yang berkualifikasi setelah memeriksa jenis kanker, tempat penyebaran dan kondisi umum pasien.

Menurut NHS, ada beberapa pilihan pengobatan untuk kanker tulang, antara lain: Pembedahan

Ini adalah operasi pembedahan untuk mengangkat bagian tulang yang terkena kanker.

Jika memungkinkan, profesional medis akan membangun kembali atau mengganti tulang yang diangkat, namun dalam beberapa kasus, amputasi mungkin diperlukan untuk mencegah penyebaran sel kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top