Teknik Menyalip yang Benar Menggunakan Mobil Matik

SOLO, virprom.com – Mengendarai mobil bertransmisi otomatis cukup mudah dibandingkan mengendarai mobil bertransmisi manual.

Transmisi otomatis menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam mengatur akselerasi dan perpindahan gigi tanpa perlu menekan kopling, namun teknik menyalip yang benar tetap memerlukan pemahaman dan keterampilan khusus.

Ivan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, Solo, mengatakan menyalip mobil bertransmisi matic membutuhkan tenaga yang besar.

Baca Juga: [POPULER OTOMOTIF] Ban Mobil Bisa Dipakai Berapa Lama? | Etika dan aturan dalam memperoleh pinjaman kendaraan bermasalah Cara mengerem sepeda motor matic yang benar agar tidak mogok

“Kalau masuk D, mau menyalip mobil di depan, berarti butuh tenaga penuh untuk bisa menyalip. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengemudi, tergantung jenis transmisi otomatis yang digunakan, kata Ivan kepada Kompas. com, baru-baru ini.

Normalnya, tuas transmisi matic saat melaju berada di posisi D, agar mobil mendapat tenaga penuh harus didorong.

Kickdown berarti menekan pedal gas lebih dalam untuk menurunkan mesin satu gigi dan memperoleh tenaga menyalip.

“Umumnya untuk mendapatkan tenaga penuh saat posisi gigi sudah maksimal bisa dilakukan dengan melakukan knock. Caranya adalah dengan menaikkan pedal gas sedikit dan mendorongnya lebih dalam lagi, maka transmisi otomatis akan turun satu tingkat, ” kata Iwan.

Baca juga: BMW Motorrad Indonesia Luncurkan Tiga Model Barunya

Ivan mengatakan, saat kickdown, putaran mesin akan tinggi sehingga kecepatan mobil pun meningkat.

Ia juga menyarankan untuk mematikan tombol overdrive terlebih dahulu agar bisa menurunkan satu gigi.

“Bagi yang menggunakan triptonik, lebih mudah lagi: cukup geser atau tekan tombol untuk menurunkan gigi,” kata Ivan.

Sementara itu, Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, mengatakan fungsi utama overdrive adalah membatasi sistem akselerasi perpindahan gigi.

Baca juga: Wuling Bertaruh Mobil Listrik di BCA Expo 2024

Artinya transmisi tidak bekerja pada semua perpindahan yang ada. Misalnya pada mobil 4 percepatan, transmisi hanya bekerja sampai gigi tiga, ujarnya.

Secara teknis, saat overdrive dimatikan, kecepatan tertinggi transmisi akan sama dengan putaran mesin. Sedangkan jika overdrive diaktifkan, yakni. tidak ditekan maka putaran transmisi akan lebih besar dari putaran mesin.

Dengan mengikuti teknik yang benar, pengemudi dapat melakukan manuver menyalip dengan lebih percaya diri dan meningkatkan kenyamanan berkendara. Lihat berita dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top