Apa saja Pengobatan Kanker Paru-paru? Berikut Penjelasan Dokter…

virprom.com – Penderita kanker paru-paru yang didiagnosis sejak dini dan segera diobati memiliki harapan hidup lebih lama untuk bisa beraktivitas normal. Lalu apa saja pengobatan untuk kanker paru-paru?

Pengobatan kanker paru-paru yang mungkin dicoba antara lain kemoterapi dan terapi radiasi.

Untuk informasi lebih lanjut, simak penjelasan dokter mengenai pengobatan kanker paru untuk meningkatkan kualitas hidup.

Baca juga: Apa Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru? Bagaimana penjelasan dokter mengenai pengobatan kanker paru di bawah ini?

Kanker paru-paru yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah pernapasan, seperti sesak napas dan nyeri dada, menurut Klinik Cleveland.

Lalu, jika kanker paru-paru menyebar ke organ lain, bisa berakibat fatal.

Misalnya, jika kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, seseorang mungkin mengalami nyeri, mual, dan sakit kepala parah, yang berarti kanker yang telah menyebar ke otak dapat mengancam nyawa karena otak mengontrol fungsi-fungsi penting.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan edukasi mengenai pengobatan atau penyembuhan kanker paru.

Perawatan kanker paru harus dilakukan mulai dari pencegahan hingga mempersiapkan kualitas hidup yang lebih baik di akhir hayat.

Dokter spesialis paru Dr. Shri Dhuni Atas Asri Sp.P FISR MARS menjelaskan, pengobatan kanker paru dapat dilakukan tergantung jenis kanker dan luas penyebarannya.

Kanker paru bisa diobati, dokter akan menentukan yang paling tepat tergantung jenis dan penyebarannya, ada yang pembedahan, yang kedua kemoterapi, yang ketiga terapi penyinaran atau terapi penyinaran, yang keempat terapi target, yang kelima imunoterapi, kata Duni, dilansir Antara, Rabu (14/08/2024).

Baca juga: Perlukah Perokok Mendeteksi Kanker Paru Secara Dini?

Dooney melanjutkan, pembedahan bisa dilakukan jika kanker paru-paru masih dalam tahap awal, yakni stadium 1 dan stadium 3.

Pembedahan bertujuan untuk mengangkat tumor beserta sejumlah kecil jaringan sehat di sekitarnya untuk mencegah tumor menyebar ke organ lain.

Jika berada pada salah satu sisi paru, dapat dilakukan dengan membuang sebagian kecil lobus paru.

Namun, jika tumor sudah menyebar, salah satu paru-paru mungkin perlu diangkat, atau disebut dengan pneumonektomi.

Bentuk lain pengobatan kanker paru-paru adalah kemoterapi intravena, yaitu terapi infus yang diberikan ke pembuluh darah untuk menghancurkan sel kanker dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top