Apakah Kopi Berbahaya Bagi Jantung? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Banyak orang yang merasakan jantung berdebar-debar setelah minum kopi. Lantas, apakah kopi berbahaya bagi jantung?

Minum kopi dalam jumlah sedang atau sedang aman untuk jantung. Namun jika digunakan lebih dari batas anjuran, kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Untuk mengetahui lebih jauh hubungan antara kopi dan hati, simak ulasan berikut ini.

Baca juga: 8 Kesalahan Minum Kopi yang Berbahaya Bagi Kesehatan Apakah kopi berbahaya bagi jantung?

Kopi bukanlah penyebab utama serangan jantung. Namun kopi berbahaya bagi jantung jika dikonsumsi berlebihan.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Zydus Medical College and Hospital di India menunjukkan bahwa kopi dapat mempengaruhi jantung jika dikonsumsi lebih dari 4 cangkir sehari dengan kandungan kafein 400 mg.

Tubuh memiliki sistem parasimpatis yang secara alami mengatur istirahat dan pemulihan.

Namun menurut penelitian, kafein dalam kopi merupakan bahan kimia yang mempengaruhi sistem parasimpatis, meningkatkan detak jantung, dan merangsang produksi hormon adrenalin untuk meningkatkan konsentrasi dan energi.

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, yang keduanya dapat menyebabkan masalah kardiovaskular seiring berjalannya waktu.

Menurut laporan dari situs Harvard Health, detak jantung terstimulasi karena kafein dalam kopi bersifat stimulan. Hal ini dapat meningkatkan risiko aritmia atau jantung berdebar.

Peningkatan tekanan darah setelah minum kopi dapat menyebabkan hipertensi sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh, yang dapat menyebabkan ventrikel kiri jantung semakin membesar.

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri koroner.

Baca juga: Normalkah Buang Air Besar Setelah Minum Kopi? Berikut penjelasannya…

Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan jumlah kalsium dalam sel jantung sehingga dapat mempengaruhi aktivitas jantung dalam memompa darah.

Itu sebabnya, meski Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) merekomendasikan batas aman kafein sekitar 400 mg atau setara dengan 4 cangkir kopi, setiap orang perlu membatasi asupan kopi hingga 2-3 cangkir per hari.

Ini karena Anda mungkin mengonsumsi makanan lain yang mengandung kafein, seperti teh, minuman ringan, coklat, sereal, dan permen karet.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui batas aman konsumsi kopi sesuai keadaan pribadi Anda. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top