SanDisk Perkenalkan SD Card 8 TB dan SSD Eksternal 16 TB Pertama

virprom.com – Kabar gembira bagi pengguna perangkat seluler yang membutuhkan kapasitas penyimpanan besar. SandDisk baru saja meluncurkan kartu SD 8TB dan kartu microSD 4TB pertama di dunia.

Dua kartu memori berkapasitas tinggi diumumkan minggu ini pada konferensi Future of Memory and Storage (FMS) 2024 di Santa Clara, California, AS.

Pengumuman SanDisk sebenarnya lebih fokus pada AI dan media penyimpanan perusahaan, namun produk konsumennya menarik perhatian karena kemampuan yang ditawarkan.

Baca selengkapnya: SanDisk meluncurkan kartu SD 4 TB, yang dikatakan sebagai yang pertama di dunia

Kartu memori SanDisk 8 TB SD dan 4 TB menggunakan standar UHS-I, sehingga dapat mencapai kecepatan transfer data maksimum 100 MB per detik.

Dalam keterangan di situsnya, Western Digital selaku pemilik merek SanDisk mengatakan kedua kartu memori tersebut cocok digunakan di smartphone, perangkat gaming portabel, drone, kamera, dan laptop.

Namun, seperti dihimpun KompasTekno dari TechSpot, Jumat (8/9/2024), pihak produsen memori belum membeberkan lebih detail mengenai kedua produk tersebut.

Selain itu, SanDisk juga memperkenalkan SSD eksternal pertama di dunia dengan kapasitas 16 TB, dua kali lipat dari kapasitas maksimal sebelumnya.

SanDisk mengatakan SSD eksternal 16TB dari seri Desk Drive masih berupa bukti konsep, sehingga tanggal kedatangannya belum diketahui. Sebelumnya, pada Mei tahun lalu, SanDisk memperkenalkan drive desktop berkapasitas 8 TB.

Baca selengkapnya: WD Memperkenalkan SSD Eksternal SanDisk Desk Drive 8 TB

Desk Drive adalah jajaran drive SSD eksternal yang bekerja dengan kabel USB dan kabel daya. SanDisk juga dikabarkan sedang mengembangkan produk SSD eksternal lainnya dengan kapasitas yang sama yaitu 16TB namun tidak memerlukan kabel tambahan karena bersifat portabel.

Belum ada jadwal rilis atau informasi harga untuk produk penyimpanan di atas. Yang jelas sebagian besar harganya akan mahal.

Misalnya saja harddisk eksternal SanDisk Desk Drive yang dijual seharga 700 dollar AS atau sekitar Rp 11,2 juta. Sementara itu, kartu memori SanDisk Extreme pro SD UHS-I 1TB dijual seharga US$180 atau sekitar Rp2,9 juta. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top