7 Manfaat Air Mentimun Bagi Tubuh, Tetap Terhidrasi dan Sehat

virprom.com- Jus mentimun menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan seperti menjaga kebersihan tubuh, membantu menurunkan berat badan, memberikan antioksidan dan kemungkinan mencegah kanker.

Jus mentimun bukan hanya untuk spa lagi. Semakin banyak orang yang menggunakan minuman sehat dan menyegarkan ini di rumah, mengapa tidak? Rasanya enak dan mudah disiapkan.

Berikut 7 manfaat jus mentimun bagi tubuh: 1. Melembabkan tubuh.

Tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa air. Menurut American Academy of Family Physicians, kebanyakan orang dianjurkan minum 6 hingga 8 gelas air sehari. Menambahkan mentimun ke dalam air akan menambah rasa dan mendorong orang untuk minum lebih banyak. 2. Membantu menurunkan berat badan

Bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan, mengganti soda manis, minuman berenergi, dan jus dengan jus mentimun dapat membantu mengurangi kalori.

Tetap terhidrasi membantu tubuh merasa kenyang. Terkadang tubuh mengacaukan rasa haus dengan rasa lapar. Anda mungkin merasa lapar padahal sebenarnya Anda haus.

Bagaimana Anda bisa membedakannya? Pertama, ambil segelas jus mentimun. Jika rasa lapar hilang setelah minum, maka Anda mengalami dehidrasi. Jika Anda masih merasa lapar, maka Anda lapar.

Baca juga: Apakah timun baik untuk penderita asam urat? Begini penjelasannya… 3. Pastikan Anda mengonsumsi antioksidan

Antioksidan adalah zat yang mencegah dan menunda kerusakan sel akibat stres oksidatif akibat radikal bebas. Stres oksidatif dapat menyebabkan kondisi kronis seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, Alzheimer, dan degenerasi mata.

Mentimun mempunyai banyak antioksidan. Mereka kaya akan vitamin C, beta karoten, mangan, molibdenum, dan sejumlah antioksidan flavonoid. 4. Dapat membantu mencegah kanker.

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa mentimun mungkin bermanfaat dalam melawan kanker. Selain antioksidan, mentimun juga mengandung senyawa bernama cucurbitacin yang berperan dalam mencegah kanker, dan sekelompok nutrisi yang disebut lignan.

Sebuah studi di Journal of Cancer Research menunjukkan bahwa fisetin flavonoid yang ditemukan dalam mentimun dapat membantu memperlambat perkembangan kanker prostat.

Baca Juga: Apakah Mentimun Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah? 5. Tekanan darah rendah

Salah satu penyebab tekanan darah tinggi adalah terlalu banyak mengonsumsi garam (natrium) dan terlalu sedikit kalium. Kelebihan garam menyebabkan retensi cairan dalam tubuh, sehingga meningkatkan tekanan darah. Kalium adalah elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium yang disimpan oleh ginjal.

Mentimun merupakan sumber potasium yang baik. Minum jus mentimun membantu tubuh menyerap lebih banyak potasium, sehingga membantu menurunkan tekanan darah. 6. Mendukung kesehatan kulit

Jus mentimun dapat membantu menenangkan kulit dari dalam. Tetap terhidrasi membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Mentimun juga kaya akan asam pantotenat, atau vitamin B-5, yang digunakan untuk mengobati jerawat. Satu cangkir irisan mentimun mengandung sekitar 5 persen dari jumlah harian vitamin B-5 yang direkomendasikan.

7. Meningkatkan kesehatan tulang Mentimun kaya akan vitamin K. Faktanya, satu cangkir irisan mentimun mengandung sekitar 19 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Vitamin K diperlukan untuk membantu tubuh membuat protein yang dibutuhkan untuk membangun tulang dan jaringan yang sehat serta membantu pembekuan darah dengan baik. 

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk masuk ke Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top