Soal Pelantikan 3 Wamen, Jokowi: Muluskan Keberlanjutan dan Bantah Bagi-bagi Jabatan

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memberikan suaranya untuk pelantikan tiga wakil menteri (Wamen), memberinya waktu tiga bulan sebelum ia mengundurkan diri atau berganti pemerintahan pada 20 Oktober 2024.

Jokowi menjelaskan, pelantikan ketiga wakil menteri tersebut dilakukan untuk memperlancar kelangsungan pemerintahannya hingga pemerintahan baru yang dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Ini untuk mendorong kelancaran keberlanjutan,” kata Jokowi, Jumat, 19 Juli 2024, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Saat itu, mantan Wali Kota Solo itu membantah tudingan pelantikan tiga wakil menteri merupakan bentuk pembagian jabatan.

Baca juga: Reshuffle Kabinet dan Pertukaran Politik Jokowi

Diketahui, dua dari tiga wakil menteri tersebut merupakan orang kepercayaan Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto.

“Tidak, tidak, tidak, tidak,” kata Jokowi saat ditanya soal tudingan pembagian jabatan.

Ia bahkan mengungkapkan sudah menghubungi Presiden terpilih Prabowo Subianto terkait pelantikan tiga wakil menteri tersebut.

Pasalnya, menurut Jokowi, pelantikan tersebut dilakukan oleh tiga wakil menteri untuk mendorong keberlangsungan pemerintahan.

“Hal ini sudah kami diskusikan langsung dengan kepentingan pemerintahan ke depan. “Saya sudah berbicara dengan presiden terpilih, Pak Prabowo Subianto,” kata Jokowi.

Baca juga: Sudariono Jadi Wakil Menteri Pertanian, Jokowi-Prabovo Bahas Pertukaran Pilkada di Jateng. Dua orang dari lingkungan Prabowo menjadi wakil menteri

Kabarnya, pada 18 Juli 2024, Jokowi melantik Thomas Giwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II, Sudariono sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), dan Julio Tanjung sebagai Wakil Menteri Investasi atau Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal. (BKPM). .

Sebagai informasi, kedua wakil menteri yang dilantik tersebut merupakan orang kepercayaan Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto.

Thomas Givandono, yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri Keuangan, adalah keponakan Prabowo.

Kemudian Sudariono yang diangkat menjadi Wakil Menteri Pertanian merupakan mantan sekretaris pribadi (Sespri) Prabowo.

Baca juga: Tiga Wakil Menteri Dilantik Sebelum Mundur, Jokowi: Lancar Kelangsungan

Namun usai pelantikan, Thomas Giwandono menegaskan, pengangkatannya sebagai Wakil Menteri Keuangan II merupakan bentuk kesinambungan antara pemerintahan Jokowi dan pemerintahan Prabowo Subianto.

“Hari ini saya dilantik menjadi Wakil Menteri Keuangan II Kementerian Keuangan oleh Presiden Joko Widodo. Peran ini dimaksudkan untuk menunjukkan kesinambungan antara Presiden Joko Widodo dan presiden terpilih (Prabovo Subianto),” kata Thomas usai pelantikan, 18 Juli 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top