Kompetisi Car Audio 2024 Pakai Regulasi International IASCA

SEMARANG, virprom.com – Amoplus Sound Competition (ASC) kembali digelar pada Sabtu (13/07/2024) di Parkir Transmart Setiabudi Semarang, Jawa Tengah.

Pada sesi ketiga ini, ASC National Champion Car Audio Competition menggunakan regulasi International Auto Sound Challenge Association (IASCA).

Baca Juga: Marquez kembali memicu kontroversi karena diduga menyebabkan Bulego jatuh

Tahun ini, masing-masing kota akan memberikan hadiah uang tunai sebesar Rp 12 juta untuk kelas Sound Quality (SQ) dan kelas Sound Quality Loud (SQL).

Peserta ajang ini tidak hanya berasal dari kota semarang saja, namun banyak kontestan yang datang dari berbagai kota di jawa tengah dan timur untuk memperebutkan juara kelas SQ dan SQL.

Penggunaan regulasi dan lagu IASCA membuat persaingan menjadi lebih menantang, misalnya pada kelas SQ, perlombaan dinilai dengan duduk berdampingan di kursi depan kiri dan kanan.

Selain itu, kelas SQ membutuhkan tuning yang tepat untuk mendapatkan poin yang optimal, sebuah kreasi para kompetitor untuk “memasak” sistem audio mobilnya untuk mencapai hasil terbaik.

Sedangkan kategori kompetisi Sound Quality Loud (SQL) mempertandingkan dua kelas yaitu SQL dengan dua subwoofer, kelas SQL Unlimited atau Free.

Sebagai promotor, ASC memulai kompetisi SQL dua kelas dengan hanya menggunakan evaluasi tonal tanpa pengukuran desibel, untuk menjadi wadah bagi para penghobi SQL di Indonesia, khususnya bagi pendatang baru yang ingin merasakan kompetisi tersebut.

Baca Juga: Pemasangan Foil Mobil Lebih Baik Gunakan Jasa Profesional

Proses penjuriannya juga unik dengan menggunakan dua orang juri dengan jarak pendengaran minimal 5 meter dari bumper belakang mobil.

Sebelum evaluasi dimulai, SPL meter mobil peserta diukur menggunakan alat ukur dengan rentang parameter 80 dB hingga 90 dB (desibel), sehingga mobil peserta memiliki volume yang tepat saat masuk evaluasi.

“Secara teknis, jumlah dB (desibel) di lingkungan meningkat hingga kisaran dB maksimum 80 hingga 90 dB. Hakim ASC Sudi Hamzah mengatakan, jika kurang dari 80dB maka volumenya akan diperbesar dan jika lebih dari 90dB maka volumenya akan diperkecil. Dengarkan berita dan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top