Buntut Skandal Drone di Olimpiade 2024, Dua Pelatih Dipulangkan

virprom.com – Jelang Olimpiade Paris 2024, sepak bola putri sempat dilanda skandal drone.

Dua anggota staf pelatih tim sepak bola wanita Kanada telah dipulangkan setelah diduga menggunakan drone untuk memata-matai latihan tim Selandia Baru.

Operator drone, Joseph Lombardi, seorang analis non-akreditasi untuk Tim Nasional Kanada (Canada Soccer), ditahan oleh otoritas Prancis dan kemudian dipulangkan.

Komite Olimpiade Selandia Baru (NZOC) melaporkan kejadian tersebut ke polisi. Mereka mengaku terkejut dan kecewa dengan pelanggaran integritas olahraga.

Baca Juga: Atlet AS di Olimpiade 2024: Semoga Semua Bersaing Bersih…

Komite Olimpiade Kanada (COC) pun terkejut sekaligus kecewa.

Mereka segera mengambil tindakan: mengeluarkan Lombardi dan asisten pelatih Jasmine Mander dari tim Olimpiade Kanada.

Lombardi (43) divonis delapan bulan penjara karena menerbangkan drone di St-Atlan, Selandia Baru, Senin (22/7/2024).

Bev Purohit, pelatih kepala tim sepak bola wanita Kanada, secara sukarela mengundurkan diri dari melatih pertandingan pembuka tim melawan Selandia Baru karena insiden tersebut.

“Atas nama seluruh tim kami, pertama-tama saya ingin meminta maaf kepada para pemain dan staf Selandia Baru serta para pemain Tim Kanada,” kata Purohit dalam pernyataannya.

Baca juga: Profil Gema Yuli Irvan, Harapan Emas di Lima Olimpiade

“Itu tidak mewakili nilai-nilai yang kami pegang untuk tim kami,” ujarnya.

Departemen integritas Komite Olimpiade Internasional juga diberitahu tentang insiden tersebut, dan FIFA membuka proses disipliner terhadap Soccer Canada, Priest, Lombardi dan Mander untuk menyelidiki kemungkinan pelanggaran peraturan FIFA.

Insiden tersebut membayangi Tim Kanada dan semangat fair play Olimpiade

NZOC dan Asosiasi Sepak Bola Selandia Baru berkomitmen untuk menjaga integritas dan keadilan Olimpiade dan telah mengajukan keluhan resmi kepada Unit Integritas IOC. Dengarkan berita dan berita terkini kami langsung di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top