Rangkuman AI di Pencarian Google Meluncur di Indonesia

virprom.com – Google resmi meluncurkan fitur AI Review di layanan Google Search miliknya untuk wilayah Indonesia.

Hal tersebut diumumkan Google melalui blog resminya pada Kamis (15/08/2024).

“Setelah pengujian ekstensif dan masukan positif, termasuk di AS dan laboratorium pencarian di seluruh dunia, kami menghadirkan AI Ringkasan AI ke enam negara baru: Inggris, India, Jepang, Indonesia, Meksiko, dan Brasil,” tulis Google. 

Peluncuran layanan wawasan AI dalam penelusuran beserta dukungan bahasa lokal di setiap negara.

Baca juga: Google All-in AI, 10 produk baru dan 121 mention di I/O 2024

“Kami menggunakan ruang di sebelah kanan untuk menampilkan dengan jelas tautan ke ikhtisar AI, sehingga orang dapat menavigasi ke konten yang mereka minati,” Hema Budaraju, Senior Director of Product Management di Google Search KompasTekno, mengatakan kepada The Ambang Jumat (16/8/2024).

Laporan AI ini muncul di bagian atas hasil pencarian Google. Pencarian/hasil pencarian normal masih muncul di bawah gambaran AI.

Google juga menguji fitur link ke halaman/artikel relevan pada teks yang ditampilkan di laporan untuk memudahkan pengguna mengetahui sesuatu lebih dalam.

Baca Juga: Kecerdasan buatan Google Gemini Live diluncurkan, lebih fleksibel untuk diajak bicara

Fitur AI Review didukung oleh fitur kecerdasan buatan Gemini AI. Hal ini menjadikan Google sebagai fitur ala chatbot dalam layanan pencariannya.

Saat pengguna mengajukan pertanyaan di Google, AI Insight memberikan rangkuman/ikhtisar jawaban atas pertanyaan pengguna. Jadi pengguna tidak perlu repot membuka halaman satu per satu untuk mencari informasi tertentu.

Didukung AI generatif Gemini, laporan AI tersebut mampu menjawab banyak pertanyaan sekaligus, seperti daftar tempat yoga/pilates yang direkomendasikan, beserta harga dan jaraknya. Ikhtisar AI di lab pencarian

Google juga membuka pendaftaran bagi mereka yang ingin mencoba fitur baru yang diuji melalui program Search Labs, salah satunya AI review.

Kunjungi labs.google.com untuk berpartisipasi dalam eksperimen “Ikhtisar AI dan Lainnya”. Google telah menambahkan dua fitur lagi yang dapat Anda coba.

Pertama, kemampuan untuk “menyimpan” ikhtisar AI tertentu untuk referensi di masa mendatang dan kembali ke informasi berguna serta tautan yang Anda temukan pada penelusuran pertama, seperti “proyek sains menarik apa yang dapat saya lakukan dengan anak saya yang berusia 12 tahun”.

Cukup ketuk tombol “simpan” di bawah laporan AI dan saat pengguna melakukan pencarian yang sama lagi, mereka akan melihat laporan AI yang sama di hasil pencarian.

Hal ini memudahkan untuk mengakses dan mengklik konten yang menarik minat pengguna. Mereka juga dapat melihat laporan AI yang disimpan dengan mengetuk ikon profil pencarian dan membuka halaman minat.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top