Polemik Hasil Pileg DPD Agus Rahardjo, KPU Bakal Hati-hati

JAKARTA, virprom.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat mengaku akan waspada memantau protes mantan Ketua KPK Agus Rahardjo terhadap terpilihnya DPD Legislatif Daerah (Dapil) Jawa Timur. .

Saat dihubungi, Jumat (12/7/2024), Koordinator Bagian Teknis Penyelenggara Pemilu KPU RI Idam Holik mengatakan, “Kami akan menghubungi KPU Jatim terlebih dahulu.”

Agus sebelumnya meminta KPU RI membatalkan keikutsertaan rivalnya, Kondang Kusumaning Ayu, yang lebih dulu berhasil menempati posisi keempat/terakhir di daerah pemilihan.

Agus datang langsung ke kantor KPU RI, Kamis (11/7/2024) kemarin, memberikan surat dan diterima Deputi Teknis KPU RI Eberta Kawima.

Baca Juga: Pileg DPD, Agus Rahardjo Minta KPU Copot Kondang Kusumaning Ayu, Gantikan Dia

Keberatan Agus beralasan karena DPD Kondang 2024 sudah didiskualifikasi mengikuti pemilu RI berdasarkan keputusan Badan Pemilihan Umum (Bawaslu) Jatim yang dikeluarkan pada 16 Mei lalu.

Kondang masih berstatus staf administrasi DPD yang digaji APBN dan tetap menerima gaji bulanan hingga Mei 2024.

Kondang didaftarkan sebagai ahli oleh anggota DPD EV Zainal Abidin. Menurut Bawaslu, saat mendaftar, Kondang tidak pernah menyerahkan surat pengunduran dirinya.

Baca Juga: Tanggapan Bawaslu Jatim Terhadap Laporan Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo: Masih Dalam Proses.

Sejauh ini KPU belum menindaklanjuti keputusan Bawaslu Provinsi Jawa Timur.

“KPU harus mengelola dengan baik kepatuhan terhadap keputusan Bawaslu Jatim sehingga kita harus bekerjasama dengan KPU Jatim.

“Kami juga akan menanyakan apakah keputusan Bawaslu Jatim sudah dikomunikasikan kepada calon anggota DPD yang disebutkan dalam keputusan Bawaslu (Kondang) tersebut,” imbuhnya. Dengarkan berita dan pilihan terbaru kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran baru yang ingin Anda ikuti saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top