Stok Rumah Subsidi 166.000 Unit Tahun Ini Habis

JAKARTA, virprom.com – Kuota Kredit Pemilik Rumah (KPR) 2024 untuk penyediaan 166.000 unit modal Kredit Pemilikan Rumah (FLPP) akan ludes pada Agustus 2024.

Hal itu ditunjukkan Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (PUPR) Zainal Fatah saat rapat dengan konferensi pers Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Memorandum Keuangan 2025 di Kantor Pusat. Bea Cukai Umum, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

“Menurut perhitungan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera), bulan Agustus ini sudah habis, semuanya sudah tersalurkan,” kata Zainal.

Kuota KPR FLPP akan habis lebih awal karena angkanya lebih rendah dibandingkan target tahun 2023 sebanyak 229.000 unit rumah subsidi.

Zainal mengatakan Kementerian PUPR telah mengusulkan penambahan kuota FLPP tahun ini kepada Kementerian Keuangan.

Namun, sejauh ini belum ada tanda-tanda bantuan keuangan perumahan yang diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) akan meningkat.

Baca selengkapnya: Apsi Banten Desak Pemerintah Tambah Kuota Perumahan FLPP

“Saya belum tahu, uangnya bukan di kami, tapi prinsip proyek yang kami usulkan (menambah kuota) karena kami melihat ada kebutuhan dan tahun ini lebih sedikit,” lanjut Zainal Fatah.

Kecilnya kuota FLPP pada tahun 2024 dikhawatirkan akan mempengaruhi target pemerintah dalam menurunkan return rumah yang saat ini berjumlah 9,9 juta.

Oleh karena itu, sejumlah pengembang perumahan dan perbankan meminta kuota FLPP 2024 ditingkatkan, setidaknya mendekati angka tahun lalu. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top