Tanggal 9 Agutus 2024 Memperingati Hari Apa?

 

virprom.com – Tanggal 9 Agustus 2024 jatuh pada hari Jumat. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Masyarakat Adat Internasional.

Selain itu, ada peringatan dan perayaan lainnya pada hari ini. Berikut berbagai peringatan yang akan datang pada 9 Agustus 2024. Hari Masyarakat Adat Internasional

Setiap tahun pada tanggal 9 Agustus, dunia merayakan Hari Masyarakat Adat Internasional. 

Merujuk situs resmi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), masyarakat adat terus menghadapi banyak tantangan di era ini. Padahal, masyarakat adat mempunyai hak untuk mengambil keputusan sendiri sesuai dengan budayanya.

Menurut PBB, partisipasi mereka dalam upaya global untuk memitigasi perubahan iklim, pembangunan perdamaian dan kerja sama digital sangat penting untuk implementasi efektif hak-hak mereka sebagai masyarakat adat.

Menurut catatan PBB, terdapat sekitar 476 juta masyarakat adat di dunia yang tinggal di 90 negara. Jumlah mereka kurang dari 5 persen populasi dunia, namun merupakan 15 persen kelompok termiskin.

Indonesia sendiri merupakan negara dengan kelompok masyarakat adat yang besar. Masyarakat Aborigin umumnya berupaya mempertahankan karakteristik sosial, budaya, ekonomi dan politik yang berbeda dari masyarakat dominan di mana mereka tinggal.

Saat ini, masyarakat adat menuntut pengakuan atas identitas mereka, cara hidup mereka dan hak-hak mereka atas tanah, wilayah dan sumber daya alam.

Baca juga: Greenpeace: Undang-undang Keamanan di Hari Peringatan Bom Atom Nagasaki juga mengecualikan peran masyarakat adat

Setiap tanggal 9 Agustus diperingati sebagai Hari Peringatan Bom Atom Nagasaki.

Setelah menjatuhkan bom atom pertama di Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom lainnya pada tanggal 9 Agustus 1945.

Tujuannya tetap sama, memaksa Jepang menyerah dan mengakhiri Perang Dunia II. Pembom Amerika Boxcar menjatuhkan bom bernama Fat Man di kota Nagasaki.

Bom tersebut mengandung 22.000 ton TNT. memiliki kekuatan yang setara dengan Sekitar 40.000 orang tewas akibat bom ini.

Efek radiasi pasca bom juga sangat dahsyat hingga menyebabkan banyak kematian.

Setelah pemboman kedua ini, Jepang menyerah pada tanggal 15 Agustus 1945, dengan pemberitahuan dari Kaisar Jepang Hirohito melalui siaran radio waktu Jepang.

Pada tanggal 2 September 1945, USS Perjanjian penyerahan resmi ditandatangani di kapal perang Amerika Serikat.

Tujuan dari Nagasaki Memorial Day adalah untuk mengenang para korban pengeboman, sekaligus mengingatkan untuk selalu menjaga perdamaian. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top