Kapan Orang Dikatakan Alami Pradiabetes? Ini Penjelasannya…

virprom.com – Pradiabetes berarti gula darah Anda lebih tinggi dari biasanya, tetapi tidak cukup tinggi untuk didiagnosis menderita diabetes tipe 2.

Menurut Klinik Cleveland, pradiabetes merupakan tanda diabetes tipe 2.

Menurut American Diabetes Association, risiko 10 tahun terkena diabetes tipe 2 pada orang berusia 45 tahun dengan pradiabetes adalah 9 hingga 14 persen.

Baca Juga: Apa Jadinya Jika Pradiabetes Tidak Diobati? Itu penjelasannya…

Jika Anda terdiagnosis diabetes tipe 2, Anda berisiko mengalami masalah kesehatan lain seperti serangan jantung, stroke, dan demensia.

Namun pradiabetes sangat sulit didiagnosis karena sebagian besar pasien tidak merasakan gejala apa pun.

Namun, ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui untuk mengetahui kapan Anda dianggap pradiabetes.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengobati Pradiabetes? Berikut langkah-langkahnya… Kapan Anda bisa mengetahui apakah Anda menderita pradiabetes?

Meski pradiabetes mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun, Anda bisa mengetahui apakah Anda mengidap kondisi tersebut dengan rutin memeriksa kadar gula darah.

Ini adalah satu-satunya cara akurat untuk menentukan apakah Anda menderita pradiabetes.

Seperti diketahui, pradiabetes merupakan penyakit dimana kadar gula darah tinggi namun belum mencapai level diabetes.

Jadi, mengetahui kapan Anda mengalami pradiabetes bergantung pada kadar gula darah Anda.

Baca Juga: Fakta Pradiabetes pada Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua

Menurut Kementerian Kesehatan RI, Anda akan didiagnosis pradiabetes jika: Kadar gula darah puasa 100-125 mg/dL. Kadar gula darah saat ini 140-199 mg/dl. dl kadar gula darah 2 jam setelah OGTT (oral). Tes toleransi glukosa) 140-199 mm/dL Kadar hemoglobin terglikasi (HbA1c) 5,7-6,4 persen

Anda mungkin didiagnosis menderita diabetes jika: Gula darah puasa Anda di atas 126 mg/dL. Gula darah puasa Anda di atas 200 mg/dL. Kadar gula darah Anda di atas 200 mm/menit 2 jam setelah OGTT (tes toleransi glukosa oral). nilai dL hemoglobin terglikasi (HbA1c) di atas 6,5 persen

Baca Juga: Bisakah Anak Terkena Pradiabetes? Ini ulasannya…

Anda saat ini dianggap sehat dengan gula darah normal jika: kadar gula darah puasa tidak lebih dari 100 mg/dl, kadar gula darah saat ini kurang dari 140 mg/dl, dan kadar gula darah 2 jam setelah TTGO (oral glucose). uji toleransi) lebih rendah dari 140 mm/dl. Hemoglobin terglikasi (HbA1c) di bawah 5,7 persen

Penyedia layanan kesehatan mengandalkan tes darah rutin untuk mendeteksi pradiabetes sejak dini.

Jika Anda memiliki faktor risiko pradiabetes, dokter mungkin akan merekomendasikan tes ini lebih sering.

Faktor risiko pradiabetes termasuk riwayat keluarga diabetes tipe 2, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, usia 45 tahun atau lebih, merokok, diabetes gestasional, dan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Baca juga: Siapa yang Berisiko Terkena Pradiabetes? Inilah alasannya…

  Dengarkan berita dan pilihan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top