Juara Olimpiade Wanita Pertama dari AS Tahun 1900 Bahkan Tidak Pernah Tahu Dirinya Atlet Olimpiade

virprom.com – Setelah Margaret Abbott, seorang wanita Amerika berusia 22 tahun memenangkan turnamen golf putri pada Olimpiade Musim Panas 1900 di Paris, ia tidak memiliki medali emas di lehernya. Tidak ada yang berdiri di podium ketika bintang-bintang dan garis-garis diletakkan, tidak ada parade pulang ke rumah, tidak ada gambar di depan kotak Wheaties.

Faktanya, Abbott meninggalkan jalanan tanpa menyadari bahwa dia baru saja menjadi wanita Amerika pertama yang memenangkan Olimpiade, dan sampai dia meninggal pada tahun 1955, dia tidak mengetahui tempatnya dalam sejarah olahraga.

Olimpiade Musim Panas 1900 tidak ada bandingannya dengan kancah olahraga dunia saat ini. Olimpiade Modern Kedua merupakan acara pendamping World Expo yang diadakan serentak di ibu kota Prancis. 

Baca juga: Olimpiade Paris 2024 Berjalan Baik, Aparat Keamanan Layak Medali Emas

Perusahaan, yang menjadi tuan rumah Paris Expo tahun 1900, juga menangani jadwal olahraga yang terorganisir secara longgar yang berlangsung selama enam bulan dan mencakup berbagai acara seperti tarik tambang, polo, bass, pukulan, dan balap merpati.

Menurut laporan sejarah, tidak jelas acara mana yang merupakan bagian dari program Olimpiade dan diadakan bersamaan dengan Pameran Dunia. 

Ketika Abbott terlibat dalam golf, yang diadakan di pameran pada bulan Oktober 1900, dia mengira dia hanya berkompetisi untuk Kejuaraan Paris.

Lahir di India pada tahun 1878, Abbott masih bayi ketika ayahnya yang berkewarganegaraan Amerika meninggal dan ibunya, penulis Mary Abbott, membawanya ke Amerika Serikat. 

Saat bekerja sebagai editor literatur untuk Chicago Tribune dan Chicago Times-Herald, Mary memahami olahraga baru yang mulai populer di kalangan masyarakat kelas atas pada tahun 1890-an, golf, dan memperkenalkan permainan tersebut kepada putrinya. 

Bermain di Chicago Golf Club, Margaret belajar dengan cepat, memenangkan beberapa turnamen lokal. Remaja berbadan tegap, hanya setinggi enam kaki, digambarkan di media sebagai pesaing kuat dengan perpindahan gigi mundur klasik.

“Ocean Margaret Abbott memiliki bakat alami dalam permainan,” Inter Ocean melaporkan pada tahun 1898. “Nona Abbott bermain golf dengan baik dan tampak hebat di lapangan. Untuk waktu yang lama, dia cantik di lapangan.” menjadi salah satu pegolf top di Amerika Serikat.

Baca juga: Mengapa Spanduk Taiwan Dilarang di Olimpiade?

Paula Welch, pensiunan profesor di Universitas Florida dan sejarawan Olimpiade, mengatakan: “Saat bermain golf di Chicago, dia menerima banyak pujian di media sosial atas keterampilannya dalam olahraga Golf”. “Saya tidak tahu apakah dia ingin menjadi panutan dan menurut saya dia tidak menganggapnya sebagai pionir, tapi dia harus menjadi pionir.”

Kemudian, pada tahun 1899, ibu dan putrinya pindah ke ibu kota Prancis, tempat Mary menulis panduan wisata wanita ke Paris, dan Margaret, yang sama-sama mahir menggunakan kuas dan tongkat, belajar seni dengan Edgar Degas, Auguste, dan Pierre-Auguste Renoir. 

Seiring berlalunya waktu, Paris menjadi pusat perhatian dunia ketika penonton dan atlet berbondong-bondong datang ke kota tersebut untuk menghadiri Pameran Dunia dan Olimpiade Musim Panas.

Seperti Olimpiade kuno, Olimpiade modern pertama pada tahun 1896 melarang perempuan berkompetisi. Namun, empat tahun kemudian, 22 wanita (dari hampir 1.000 peserta) diizinkan berkompetisi di Olimpiade Musim Panas 1900 dalam sejumlah olahraga yang dianggap dapat diterima secara sosial bagi wanita seperti kroket, berkuda, tenis, dan golf.

Mengenakan rok lengan panjang dan selutut, Marie dan Margaret Abbott bergabung dengan delapan wanita lainnya untuk Balapan Sembilan Lubang, yang diadakan pada tanggal 3 Oktober 1900, di Compiègne, 50 mil sebelah utara Paris. 

Baca juga: Inilah Kyneska, Putri Raja Sparta yang Menjadi Juara Olimpiade Pertama 2.400 Tahun Lalu.

Di antara pegolf yang menghadiri Klub Golf Compiègne terdapat lima wanita Prancis dan lima perkumpulan Amerika yang belajar atau berlibur di Eropa. Dengarkan berita terkini dan informasi pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top