Kali Pertama, Balon Sampah Korea Utara Hantam Kompleks Kepresidenan Korea Selatan

SEOUL, virprom.com – Balon sampah kiriman Korea Utara tiba di kompleks kepresidenan Korea Selatan pada Rabu (24/7/2024).

Insiden tersebut juga mendorong Korea Selatan mengirimkan tim tanggap darurat.

Kantor pemimpin Korea Selatan di pusat kota Seoul, yang dilindungi oleh pasukan dan zona larangan terbang, terkena langsung oleh bola puing Korea Utara.

Baca Juga: Korea Utara Luncurkan Balon Sampah ke Korea Selatan

“Tim tanggap kimia, biologi, dan radiologi (peperangan) dengan aman mengumpulkan puing-puing tersebut,” kata Dinas Keamanan Kepresidenan Korea Selatan kepada AFP.

Dia berkata: Setelah penyelidikan, hasilnya memastikan bahwa tidak ada bahaya atau kontaminasi di fasilitas tersebut.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan sebelumnya mengkonfirmasi bahwa Korea Utara telah meluncurkan rudal balistik, dan pemerintah kota Seoul mengeluarkan peringatan pada Rabu pagi.

“Jika menemukan balon jatuh, jangan menyentuhnya dan laporkan ke satuan militer atau kantor polisi terdekat,” ujarnya.

Korea Utara berencana meluncurkan balon udara melintasi perbatasan pada tahun 2024 sebagai pembalasan atas balon propaganda anti-rezim aktivis Korea Selatan.

Menanggapi gelombang yang menggelembung tersebut, Korea Selatan pada Minggu (21/7/2024) melanjutkan kampanye propaganda “skala penuh” terhadap Korea Utara dari pos pemeriksaan perbatasan.

Baca Juga: Bola puing Korea Utara mengganggu 115 penerbangan di Korea Selatan, berdampak pada 10.000 penumpang

Seoul juga menangguhkan gencatan senjata militer dalam upaya meningkatkan ketegangan dan melanjutkan latihan pemadaman kebakaran di pulau-pulau perbatasan dan dekat zona demiliterisasi yang membagi semenanjung Korea.

Kedua Korea secara teknis masih berperang karena konflik tahun 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata dan bukan perjanjian damai.

Siaran tersebut – sebuah taktik yang berasal dari Perang Korea – telah membuat marah Pyongyang, yang mengancam akan melakukan serangan artileri terhadap Seoul yang terkena dampak paling parah.

  Lihat berita dan pembaruan terkini kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp Anda sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top