Usai Serangan Besar, Ukraina Dirikan Zona Penyangga di Kursk Rusia

KURSK, virprom.com – Ukraina pada Rabu (14/8/2024) mengatakan bahwa militernya akan mengizinkan evakuasi warga sipil dari wilayah Kursk Rusia ke Ukraina, serta pembentukan zona penyangga di wilayah tersebut.

Serangan besar-besaran militer Ukraina di Kursk pada 6 Agustus 2024 mengejutkan pasukan Rusia.

Militer Ukraina merebut puluhan pemukiman, akibatnya puluhan ribu orang di kedua sisi perbatasan harus dievakuasi.

Baca Juga: Panglima Tertinggi Ukraina Sebut Pasukannya Telah Rebut 1.000 Kilometer Persegi Oblast Kursk Rusia.

“Pembuatan zona penyangga di Kursk merupakan langkah untuk melindungi permukiman perbatasan kami dari serangan musuh setiap hari,” kata Menteri Dalam Negeri Ukraina Igor Klymenko seperti dikutip AFP.

Pihak berwenang Ukraina mengatakan serangan terhadap Kursk adalah tindakan membela diri terhadap pasukan Rusia, yang invasi besar-besarannya telah berlangsung selama tiga tahun.

Klimenko mengumumkan hal ini setelah pertemuan dengan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky dan pejabat lainnya.

Baca Juga: Oleksandr Sirsky, Jenderal Ukraina Kelahiran Rusia yang Pimpin Serangan ke Kursk Ukraina Baru Serang Wilayah Kursk Rusia, 28 Desa Direbut, 12 Tewas, 121.000 Warga Dievakuasi dalam Serangan Perbatasan Kursk Rusia Akui Kemajuan Ukraina

“Militer kami berencana membuka koridor kemanusiaan untuk evakuasi penduduk sipil: baik ke arah Rusia dan Ukraina,” kata Wakil Perdana Menteri Irina Vereshchuk usai pertemuan.

Ia juga mengatakan rencananya akan melakukan operasi kemanusiaan, termasuk dengan bantuan organisasi internasional di kawasan.

Komisaris Hak Asasi Manusia Ukraina Dimitry Lubinets mengatakan bahwa para pejabat Ukraina sedang berdiskusi dengan perwakilan ICRC, PBB dan organisasi internasional lainnya yang tidak memihak untuk melakukan kegiatan kemanusiaan.

Baca Juga: Zelensky Akui Pasukan Ukraina Serbu Wilayah Kursk, Rusia Evakuasi 76 Ribu Jiwa Dengarkan berita terkini dan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top