Ketahui Masa Pakai Ideal Rack Steer Mobil

SOLO, virprom.com – Kemudi rack and pinion pada mobil berperan penting sebagai penghubung antara kaki dengan roda kemudi, termasuk roda, sehingga berkendara lebih nyaman dan aman.

Pengoperasian steering rack yang optimal sangat mempengaruhi handling mobil, terutama pada situasi yang membutuhkan manuver cepat atau saat melintasi kondisi jalan tidak rata.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan perlu mengetahui umur ideal agar dapat melakukan perawatan yang tepat.

Iwan, pemilik klinik mobil Iwan Motor Honda, mengatakan mobil dengan jarak tempuh lebih dari 40.000 kilometer sebaiknya mengganti bushing rak kemudi.

Baca juga: Depresiasi Harga Mobil Listrik Bekas Capai 40 Persen

“Pada semua mobil yang memiliki electronic power steering (EPS), jika menempuh jarak lebih dari 40 ribu km, penyangga tengahnya rusak. Umumnya yang ke servis begini, kalau mobil honda tinggal ganti selongsong saja. Namun ada beberapa mobil yang perlu mengganti rakitan steering rack karena tidak bisa diperbaiki, kata Ivan kepada virprom.com, Rabu (31/7/2024).

Ivan menuturkan, di bengkelnya terdapat kendala pada mesin, terutama EPS yang cukup sering mengalami kerusakan setiap bulannya.

“Jumlah mobil EPS yang rusak cukup banyak, bengkel kami mampu memperbaiki lebih dari 60 mobil EPS setiap bulannya,” ujarnya.

Baca Juga: Daftar Harga BBM Pertamina Agustus 2024

Ia juga menyarankan, jika Anda ingin membeli mobil bekas dan ternyata EPSnya sudah tidak bisa diperbaiki lagi, sebaiknya pertimbangkan kembali.

Namun mobilnya ringan dan jarak tempuhnya masih rendah, tidak demikian halnya jika rak kemudi tidak rusak.

“Tergantung pemakaiannya juga, umurnya tidak terjamin, yang umur dua tahun banyak yang rusak, yang umur 10 tahun banyak yang masih bagus,” kata Ivan.

Baca Juga: Perilaku Pengemudi Lane Hogger di Jalan Tol yang Membuat Anda Khawatir

Sementara itu, Elin Estanto, Pemilik GK Auto Service Gunung Kidul, mengatakan umur simpan steering rack biasanya lama tergantung cara penanganannya.

Biasanya ada dua bagian yang mengalami kegagalan pada steering rack, yaitu area rack and pinion dan bushing atau pengikat.

“Kalau bushing umurnya biasanya sekitar 3 tahun. Ada beberapa merek mobil yang lebih rentan rusak karena kualitas bushingnya lebih lembut dan mudah aus,” kata Elin.

Sementara itu, kata Elin, di bidang racking bisa memakan waktu hingga 5 tahun. Jadi kerusakan cenderung terjadi setelah masa garansi mobil telah habis pada mobil tertentu. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top