Ini Profil Panglima Militer Bangladesh Jenderal Waker-Uz-Zaman

DHAKA, virprom.com – Komandan militer Bangladesh Jenderal Waker-Uz-Zaman mengumumkan pengunduran diri Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina pada Senin (8/5/2024).

Kini pemerintahan Bangladesh untuk sementara diambil alih oleh tentara dan pemerintahan sementara dibentuk.

Sebelumnya terjadi demonstrasi besar-besaran di Bangladesh yang dihadiri oleh ratusan orang, termasuk pejabat keamanan.

Baca juga: Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Mundur, Militer Ambil alih Kekuasaan

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina mengundurkan diri pada hari Senin setelah pengunjuk rasa mengancam keselamatannya ketika mereka menyerbu kediaman resminya di Dhaka, Bangladesh, Hindustan Times melaporkan.

Sheikh Hasina diterbangkan dengan helikopter militer dari Dhaka ke India setelah dia mengundurkan diri di tengah demonstrasi massal.

Syekh Hasina dikabarkan telah mendarat di New Delhi dan akan terbang ke London.

Panglima militer Bangladesh Waker-Uz-Zaman mengumumkan pengunduran dirinya.

Siapa Jenderal Waker-Uz-Zaman?

Waker-Uz-Zaman adalah komandan Angkatan Darat Bangladesh. Dia berusia 58 tahun. Pada tanggal 23 Juni, ia menjadi panglima militer selama tiga tahun.

Waker-Uz-Zaman lahir pada tahun 1966 di distrik Sherpur. Ia menikah dengan putri Jenderal Muhammad Mustafizur Rahman, Sarahnaz Kamalika Zaman. Ayah mertuanya adalah panglima militer antara tahun 1997 dan 2000.

Baca juga: Pengunjuk rasa di Bangladesh dengan tongkat dan pisau, 91 orang tewas

Waker-Uz-Zaman memiliki gelar master dalam ilmu pertahanan. Dia adalah lulusan Universitas Nasional Bangladesh.

Ia juga menyelesaikan gelar MA dalam Studi Pertahanan di King’s College London.

Ia menjabat sebagai Kepala Staf Umum selama lebih dari enam bulan sebelum menjadi Panglima Angkatan Darat.

Karirnya mencakup lebih dari tiga dekade. Dia juga bekerja sama dengan Sheikh Hasina karena dia adalah anggota staf kunci di Departemen Angkatan Bersenjata di Kantor Perdana Menteri.

Menurut India Times, ia dilatih di Akademi Militer Bangladesh dan menerima pelatihan lebih lanjut di Sekolah Staf dan Komando Layanan Pertahanan di Mirpur dan Sekolah Staf dan Komando Layanan Gabungan di Inggris.

Jenderal Waker-Uz-Zaman meraih gelar lanjutan dalam ilmu pertahanan dari Universitas Nasional Bangladesh dan King’s College, Universitas London.

Atas kontribusinya terhadap modernisasi militer, ia menerima penghargaan seperti Army Medal of Glory (SGP) dan Extraordinary Service Medal (OSP).

Dengan masa kerja hampir 40 tahun, Jenderal Waker-Uz-Zaman memiliki karir cemerlang, termasuk dua periode sebagai penjaga perdamaian PBB.

Baca juga: 1.500 Pengunjuk Rasa Serbu Istana PM Bangladesh, Rusak Perabotan dan Ambil Ayam

Pada bulan Juni, ia menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat, menggantikan Jenderal SM Shafiuddin Ahmed. Pengalamannya meliputi komando beberapa unit infanteri dan pelayanan di berbagai posisi staf. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top