[POPULER OTOMOTIF] China Jadi Pengekspor Mobil Terbesar Dunia | Perbedaan Perawatan Transmisi CVT dengan Matik Konvensional | Trans Jatim Rilis Bus Baru Pakai Rakitan Karoseri Tentrem

JAKARTA, virprom.com – Kabar China menjadi eksportir mobil terbesar di dunia membuat banyak pembaca penasaran. Selain itu, banyak juga orang yang ingin mengetahui perbedaan perawatan transmisi CVT dengan transmisi otomatis tradisional.

Banyak juga yang bertanya-tanya tentang Trans Jatim yang meluncurkan bus baru dengan bodywork Tentrem. Untuk lebih jelasnya, berikut rangkuman artikel otomotif terpopuler pada Kamis (8 Agustus 2024):

1. Tiongkok menjadi eksportir mobil terbesar di dunia setelah Jepang

China memang telah melakukan ekspansi besar-besaran pada industri otomotifnya dengan banyak mengekspor kendaraan ke berbagai negara. Faktanya, Tiongkok akan menjadi eksportir mobil terbesar pada tahun 2023, kemungkinan besar pada tahun ini.

Pada Kamis (8/8/2024), Carscoops.com dikutip memberitakan bahwa China mampu mengalahkan Jepang dalam hal volume ekspor kendaraan. Data Asosiasi Produsen Mobil Jepang (JAMA) menunjukkan pada kuartal I 2024, total volume ekspor mencapai 2,02 juta kendaraan.

Baca juga: China Menjadi Eksportir Mobil Terbesar Dunia Setelah Jepang

2. Hasil uji emisi menjadi syarat wajib untuk membayar pajak kendaraan bermotor

Pemerintah Indonesia telah resmi merumuskan standar kualitas emisi sebagai syarat pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Indonesia.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 2024 tentang Retribusi PCB, BBNKB, dan Pajak Alat Berat yang diundangkan pada 6 Agustus 2024.

Baca juga: Hasil Uji Emisi Menjadi Syarat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

3. Perbedaan perawatan transmisi otomatis CVT dan tradisional

Perawatan mobil matic yang dilengkapi dengan transmisi variabel kontinu (CVT) sangatlah penting demi menjaga performa prima. Salah satunya adalah penggantian sabuk baja.

Bagian ini bertindak sebagai penghubung antara blok primer dan sekunder dan sering kali mengalami tekanan dan gesekan sehingga memerlukan penggantian.

Baca Juga: Perbedaan Perawatan Transmisi CVT dan Transmisi Otomatis Tradisional

4. Hitung biaya kepemilikan kendaraan listrik Wuling Bingo selama 5 tahun

Tampilan dan desain interior Wuling Bingo EV sangat menarik. Konfigurasinya juga cukup lengkap untuk mobil sekelasnya. Namun yang terpenting mobil listrik ini menawarkan biaya kepemilikan yang terjangkau.

Untuk menghitung biaya kepemilikan, sebelumnya redaksi Luopan.com telah menjelaskan biaya perawatan dan pajak tahunan kendaraan listrik Bingo. Sayangnya, efisiensi daya tidak dapat diketahui karena tidak ada pesan yang ditampilkan di dashboard.

Baca juga: Hitung Biaya Milik Wuling Bingo EV Hingga 5 Tahun

5. Trans Jatim meluncurkan bus baru dengan komponen bodi Tentrem

Karoseri Tentrem resmi meluncurkan bus baru yang nantinya akan digunakan pada layanan Trans Jawa Timur. Ada tiga bus baru bernama Luxe.

Ketiga bus baru tersebut akan beroperasi pada rute Koridor I (Sidoarjo-Surabaya-Gresik) mulai pukul 05.00 hingga 21.00 WIB. Jika di Jakarta ada layanan bus Royal Trans yang merupakan layanan premium Transjakarta, maka itu akan menjadi layanan tambahan premium bagi Trans Jatim.

Baca juga: Trans Jatim Luncurkan Bus Baru dengan Bodywork Tentrem. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top