Sejarah Samsung, dari Toko Ritel hingga Perusahaan Teknologi yang Mendunia

virprom.com – Samsung, perusahaan asal Korea Selatan, merupakan salah satu produsen elektronik terbesar di dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chul pada tahun 1938, Samsung adalah pengecer kecil yang berfokus pada perdagangan dan ekspor berbagai macam produk, termasuk ikan kering, tepung, dan sayuran.

Pada tahun 1969, ketika Samsung memasuki industri elektronik, terjadi perubahan besar. Sejak itu, Samsung mengkhususkan diri dalam pembuatan berbagai produk elektronik konsumen dan industri, termasuk peralatan rumah tangga, perangkat media digital, elektronik, chip memori, dan sistem terintegrasi.

Samsung telah berkembang dari toko kecil menjadi raksasa teknologi global melalui penelitian dan pengembangan yang berdedikasi serta komitmen terhadap produk berkualitas tinggi. Lalu bagaimana sejarah Samsung? Berikut ringkasannya.

Baca juga: Bos Samsung Ungkap Misi AI Pro Demokrasi dengan Peluncuran AI Galaxy Asli Samsung

Samsung pertama kali didirikan pada tahun 1938 oleh Lee Byung-chul, sebuah Perusahaan Dagang Samsung di Daegu. Perusahaan awalnya fokus pada pengolahan makanan, produksi tekstil, asuransi dan perdagangan. Seiring berjalannya waktu, Samsung mulai melakukan diversifikasi ke industri lain.

Pada tahun 1960an, Samsung memasuki industri elektronik dan teknologi informasi (TI). Perusahaan telah mengembangkan komponen baru seperti Samsung Electronics, Samsung Corning dan Samsung Semiconductor. Salah satu pencapaian besar pada era ini adalah produksi televisi hitam putih pertama mereka. Keanekaragaman Samsung

Pada tahun 1970-an, Samsung terus mengembangkan bisnisnya dengan memasuki industri pembuatan kapal, konstruksi, dan infrastruktur.

Diversifikasi ini membantu Samsung meningkatkan pendapatannya. Namun, pada tahun 1987, setelah kematian pendiri Samsung Group Lee Byung-chul, Samsung terpecah menjadi lima perusahaan: Samsung Group, CJ Group (Makanan dan Bahan Kimia), Hansol Group (Kertas dan Telekomunikasi), Jong Ang Group (Media) dan Grup Shinsegae (Belanja).

Pada tahun 1990-an, Samsung mulai fokus pada penelitian dan pengembangan produknya serta memperluas bisnisnya ke seluruh dunia dengan mendirikan beberapa pabrik di Amerika Serikat.

Selama ini, Samsung memenangkan beberapa kontrak konstruksi besar, termasuk Burj Khalifa di Uni Emirat Arab, Menara Petronas di Malaysia, dan Taipei 101 di Taiwan. Samsung juga merupakan pembuat layar LCD, semikonduktor, dan telepon seluler terkemuka di dunia. Pada tahun 1999, Samsung mulai mengembangkan turbin gas dan mesin pesawat terbang untuk bisnis penerbangan komersialnya.

Pada tahun 2008, Samsung mulai menjual smartphone seri Galaxy yang sangat sukses. Pada tahun 2012, Samsung Electronics mengambil alih posisi perusahaan lain untuk menjadi pembuat ponsel pintar terbesar di dunia.

Namun pada tahun yang sama, Samsung harus membayar denda $1 miliar kepada Apple karena melanggar paten teknologi ponsel pintar Apple. Pada tahun 2018, Samsung telah mendirikan pembuat ponsel terbesar di dunia di Noida, India, yang diresmikan oleh Perdana Menteri Narendra Modi.

Samsung terus berinovasi dan berkembang menjadi perusahaan teknologi terbesar dan paling berpengaruh di dunia dengan produk yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Produk & Layanan Samsung Lainnya

Elektronik Konsumen – Samsung adalah salah satu produsen elektronik terbesar di dunia. Produk utamanya meliputi AC, telepon seluler, elektronik, lemari es, monitor, televisi, dan layar AMOLED. Segmen ini merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar Samsung.

Konstruksi – Samsung dikenal di industri konstruksi, khususnya dalam pembangunan infrastruktur. Burj Khalifa di Uni Emirat Arab, Taipei 101 di Taiwan dan Menara Petronas di Malaysia adalah beberapa proyek paling terkenal yang dibangun oleh Samsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top