Apa Efek Kopi bagi Kesehatan? Berikut 13 Daftarnya…

virprom.com – Kopi mengandung kafein yang dapat menimbulkan beberapa efek samping jika dikonsumsi berlebihan. Tapi apa dampak kesehatan dari kopi?

Minum kopi kurang dari empat cangkir sehari umumnya aman, namun tetap dapat menimbulkan beberapa efek samping pada beberapa orang, seperti sakit kepala, mulas, dan kecemasan.

Efek samping ini dapat dikurangi dengan meminum kopi secukupnya dan menghindari konsumsinya jika perlu.

Untuk lebih jelasnya, pelajari di bawah ini tentang beberapa efek kopi bagi kesehatan dan batasan konsumsi kafein harian.

Baca juga: Bolehkah Minum Kopi Setiap Hari? Berikut penjelasannya… Apa saja dampak kopi bagi kesehatan?

Kopi secara umum aman dan tidak menimbulkan efek samping kesehatan yang serius.

Namun, minum kopi terlalu banyak setiap hari dapat menimbulkan beberapa efek samping, antara lain sakit kepala dan mulas.

Menurut MedicineNet, beberapa efek kesehatan dari kopi bila dikonsumsi berlebihan antara lain: Peningkatan tekanan darah sementara Sakit kepala Kecemasan Kegelisahan Kegelisahan Pusing Mulas atau mulas Insomnia atau kesulitan jatuh atau tidur nyenyak Tremor otot atau perasaan gemetar Palpitasi atau detak jantung tidak teratur Peningkatan detak jantung buang air kecil Dehidrasi Peningkatan risiko pengeroposan tulang pada wanita menopause, terutama jika asupan kalsium kurang Meningkatnya kadar kolesterol jika kopi tidak disaring dan diseduh dengan benar

Namun, beberapa orang yang terbiasa minum kopi setiap hari mungkin tidak mengalami efek samping apa pun karena tubuh sudah memiliki toleransi yang lebih tinggi terhadap kafein.

Sebaliknya, orang yang jarang atau tidak pernah minum kopi bisa mengalami efek samping yang lebih serius meski hanya minum satu atau dua cangkir kopi sehari.

Baca juga: Kopi Baik atau Buruk Bagi Kesehatan? Berikut penjelasannya… Batasi asupan kafein harian Anda

Batasi asupan kafein harian tidak lebih dari 400 miligram (mg), atau setara dengan empat cangkir kopi.

Menurut laporan Mayo Clinic, minum kopi 400 mg per hari umumnya tidak menimbulkan efek samping serius pada sebagian orang.

Namun, wanita yang sedang hamil, sedang mencoba untuk hamil, atau menyusui disarankan untuk tidak mengonsumsi kafein lebih dari 200 mg.

Anda yang memiliki riwayat kesehatan tertentu juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memahami aturan minum kopi yang benar agar tidak mengganggu pengobatan atau perawatan medis Anda.

Dengan memahami dampak kesehatan dari kopi yang telah dijelaskan di atas, nantinya Anda bisa mulai memperhatikan reaksi tubuh Anda, sehingga Anda tahu apakah Anda harus membatasi atau menghindari kebiasaan tersebut atau tidak. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top