Cara Cek Penyimpanan Google Digunakan untuk Apa Saja, Penting biar Tak Cepat Penuh

virprom.com – Pengguna mungkin perlu mengetahui beberapa pedoman dasar untuk mengoperasikan dan mengelola layanan penyimpanan Google. Salah satunya adalah cara melihat Google Storage digunakan untuk apa.

Cara mengecek memori Google digunakan untuk apa, semoga bermanfaat bagi pengguna. Seperti yang Anda ketahui, setiap akun Google dilengkapi dengan penyimpanan cloud gratis sebesar 15 GB.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah Akun Google Agar Tidak Mudah Diretas

Memori Google juga disebut Google One. Ruang penyimpanan Google One terutama digunakan untuk menyimpan data dari Google Drive, Google Foto, dan Gmail secara bersamaan.

Penggunaan Penyimpanan Google dari Google Drive, Google Foto, dan Gmail dapat dipantau secara berkala. Tujuannya agar pengguna mengetahui persentase penggunaan data ketiga layanan tersebut saat menggunakan ruang penyimpanan Google One.

Dengan mengetahui kegunaan Google Storage, pengguna dapat mengetahui data mana yang paling banyak memakan ruang dari data Google Drive, Google Photo, atau Gmail, lalu menghapusnya agar penyimpanan tidak cepat penuh.

Cara mengecek Google Storage digunakan untuk apa, dapat membantu pengguna menghemat ruang penyimpanan Google One. Karena ini akan berguna, bagaimana Anda melihat untuk apa Memori Google digunakan?

Jika Anda tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini tentang cara melihat apa saja kegunaan Google Memory secara sederhana dan praktis. Cara melihat Memori Google digunakan untuk apa

Cara melihat Memori Google digunakan untuk apa pada dasarnya cukup sederhana. Penyimpanan Google dapat dikelola hanya dengan mengakses halaman Google One.

Baca juga: Cara Menemukan Tempat Anonim di Google Maps dengan Mudah dan Praktis

Di halaman Google One, pengguna akan dapat melihat data yang paling banyak menggunakan memori dan melakukan tindakan penghapusan data. Cara melihat memori Google digunakan untuk apa adalah sebagai berikut: buka layanan Google One yang beralamat di https://one.google.com dan login dengan akun Google (akun Gmail). Setelah berhasil login, pilih menu “Buka Google One” dan halaman Google One akan terbuka. Di halaman Google One, pilih menu “Simpan”. Setelah itu, pengguna akan dapat melihat untuk apa Google Storage digunakan. Pengguna juga akan diberitahu tentang penggunaan ruang penyimpanan Google dari Google Drive, Google Foto, dan Gmail. Jika penyimpanan hampir penuh, pengguna bisa mulai memilah data dari ketiga layanan tersebut yang berukuran besar dan mungkin sudah tidak penting lagi untuk dihapus. Untuk mengurutkan dan menghapus data, silakan klik opsi “Memori akun gratis”. Selanjutnya, pengguna akan mendapatkan beberapa rekomendasi mengenai penghapusan file atau data pada kategori tertentu yang memenuhi memori, seperti email. Data email di folder Sampah, email spam, foto di Google Foto, file besar di Google Drive, dan email dengan lampiran besar di Gmail. Pengguna dapat membuka file dalam kategori di atas dan mulai menghapusnya. Setelah data dihapus, penyimpanan Google akan menjadi lebih luas.

Mudah bukan untuk mengecek kegunaan Google Storage untuk apa? Melalui cara di atas, pengguna dapat mengecek penggunaan penyimpanan Google di Google Drive, Google Foto, dan Gmail.

Baca juga: Cara menghapus secara permanen foto-foto tidak relevan yang terkumpul di Google Foto

Pengguna juga dapat melihat persentase setiap layanan Google menggunakan penyimpanan Google One. Berdasarkan informasi tersebut, pengguna juga dapat melakukan tindakan lebih lanjut dengan menghapus file yang tidak penting dan memakan ruang penyimpanan.

Akibatnya, memori Google mungkin tidak cepat terisi. Demikian penjelasan lengkap cara melihat kegunaan Google Storage secara sederhana dan praktis, semoga bermanfaat.

Dapatkan berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Bergabunglah dengan saluran WhatsApp KompasTekno. Untuk melakukan ini, klik tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Dengarkan berita dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top