6 Penyebab Penis Lecet dan Cara Mengatasinya

virprom.com – Alat kelamin, seperti bagian tubuh lainnya, bisa sakit dan umumnya sembuh tanpa pengobatan khusus.

Erosi pada penis dapat disebabkan oleh kondisi tertentu, faktor perilaku, dan masalah kesehatan tertentu seperti penyakit menular seksual.

Membersihkan alat kelamin secara teratur dan mengenakan pakaian dalam yang nyaman selama aktivitas fisik akan membantu penyembuhan.

Untuk lebih jelasnya, simak di bawah ini beberapa penyebab tukak penis dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Apa Manfaat Sering Bermesraan? Berikut 10 penyebab nyeri pada alat kelamin pria

Bisul pada alat kelamin bisa disebabkan oleh kondisi dan kebiasaan tertentu, seperti hubungan seks yang kasar atau penggunaan pakaian dalam yang tidak nyaman.

Namun, beberapa masalah kesehatan dapat menyebabkan luka pada penis, seperti infeksi jamur dan infeksi menular seksual.

Disadur dari Healthline dan Medical News Today, ada beberapa penyebab terjadinya lecet pada alat kelamin, antara lain: Olahraga seperti sepak bola, bola basket, dan bersepeda, serta kontak intim, masturbasi, dan pakaian dalam yang tidak nyaman yang dapat dirusak oleh pakaian Balanitis , atau rasa gatal dan gatal di ujung penis, terutama jika penis tidak disunat. Mengalami infeksi jamur seperti Candida albicans, yang terlihat seperti tergores jika penis tidak dibersihkan dengan benar, berkeringat di selangkangan, atau berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi Herpes genital, sifilis, Gejala infeksi menular seksual seperti HIV, seperti HIV Mencukur bulu kemaluan yang menyebabkan garis kelamin

Pembengkakan pada penis dapat menimbulkan rasa sakit dan mengganggu fungsinya.

Namun, garis penis umumnya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan atau bantuan khusus.

Baca Juga: 3 Alasan Pria Memiliki Penis Bengkok

Cara mengobati penis yang nyeri

Pengobatan pada penis yang cedera akan disesuaikan dengan tingkat keparahan cederanya.

Lecet penis yang ringan biasanya tidak memerlukan perawatan medis dan dapat sembuh dengan sendirinya dengan kebersihan penis yang baik.

Selain itu, ada beberapa pengobatan mandiri untuk goresan pada penis, seperti: Kenakan pakaian longgar dengan ventilasi yang baik, dan berikan pijatan lembut pada kulit atau membuat goresannya semakin parah. Untuk mengurangi pengaruh bakteri, cucilah salep secara rutin dengan air bersih dan jangan dibasahi sampai benar-benar sembuh.

Beberapa cara di atas dapat digunakan untuk mengurangi jaringan parut dan mempercepat penyembuhan.

Namun jika erosi disertai gejala lain seperti nyeri saat buang air kecil atau keluarnya nanah, disarankan untuk segera mencari pertolongan medis.

Pemeriksaan lebih lanjut dilakukan untuk mengetahui penyebab nyeri pada alat kelamin agar dapat segera mendapatkan pengobatan dan pertolongan yang tepat.

Hindari melakukan tes pribadi dan mengonsumsi obat-obatan tertentu yang tidak aman bagi kesehatan Anda karena dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top