Oppo Optimistis Bisa “Comeback” di Pasar Ponsel Indonesia

 

JAKARTA, virprom.com – Lembaga riset pasar Canalys menerbitkan laporan pasar ponsel pintar Indonesia kuartal II 2024 (periode April-Juni).

Dalam survei terbaru Canalys, pembuat ponsel asal Tiongkok, Xiaomi, mendominasi pasar ponsel pintar di negara tersebut, menggusur Oppo yang menduduki posisi teratas pada kuartal sebelumnya.

Oppo yang berada di posisi kedua memiliki pangsa pasar yang berbeda 1 persen dengan Xiaomi. Di Indonesia, Xiaomi menguasai pangsa pasar 20 persen, sedangkan Oppo 19 persen.

Menurut Kepala Humas Oppo Indonesia Kejaksaan Arga Bima Putra, anjloknya peringkat tersebut bukan menjadi masalah besar bagi Oppo. Pasalnya, vendor smartphone lebih fokus menghasilkan produk yang mampu memenuhi kebutuhan setiap individu penggunanya.

Baca Juga: Oppo Reno 12F 5G: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

“Kami sendiri tidak selalu fokus pada lokasi itu sendiri. “Untuk Oppo (yang lebih penting) kami menghasilkan produk yang dapat menjawab kebutuhan setiap pengguna, seperti (peluncuran) seri Oppo Reno 12,” kata Arga kepada KompasTeknu usai peluncuran produk terbaru Oppo, Jumat. (9/8/2024).

Arga pun yakin dengan strategi tersebut, Oppo bisa kembali bangkit dan merebut posisi teratas sebagai penjual smartphone terlaris di Indonesia.

Strategi yang diterapkan adalah dengan menghadirkan fungsi-fungsi berbasis kecerdasan buatan tidak hanya untuk perangkat papan atas (flagship), namun juga untuk kelas menengah (middle class), menghadirkan rangkaian promosi, diskon untuk konsumen, experience store dan lain sebagainya.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Oppo Reno 12F 4G di Indonesia

“Harga yang kami hadirkan lebih terjangkau, namun kami juga memasukkan fitur generative AI. Kegiatan promosi dan program penjualan banyak kami lakukan. Selain (hari peluncuran), kami juga membuka experience store di mall yang menjadi target audiens kami, ” tambah Arga.

Menanggapi penurunan peringkat tersebut, Arga juga mengungkapkan bahwa Oppo secara umum kerap mengalami penurunan saat memasuki kuartal kedua setiap tahunnya. Namun alasan penurunan ini belum dijelaskan.

“Iramanya begitu. Oppo pasti ada tren penurunan di kuartal kedua. Kita lihat di kuartal berikutnya apakah tetap sama atau meningkat. Selalu optimis tentunya,” pungkas Arga. 5 Besar Pemasok HP di Indonesia Q2-2024

Xiaomi adalah produsen ponsel pintar utama. Pasalnya dibandingkan kuartal II 2023, pangsa pasar Xiaomi di Indonesia meningkat dari 48 persen menjadi 20 persen pada kuartal yang berakhir Juni 2024.

Sedangkan pengapalan smartphone di Indonesia pada kuartal II 2024 mencapai 9,02 juta unit. Angka tersebut juga meningkat dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu secara year-over-year (Yyy) sebanyak 7,96 juta unit.

Baca juga: Smartphone Baru di Indonesia Capai 9 Juta Unit, Canalys Research Quarter II-2024

Maka dengan pangsa pasar Xiaomi sebesar 20 persen selama periode ini, jumlah perangkat yang dikapalkan Xiaomi setidaknya menyumbang 1,8 juta unit. Pengiriman model terlaris adalah Redmi 13C dan Redmi A3, yang masing-masing dirilis pada Desember 2023 dan Februari 2024. Pangsa pasar Pertumbuhan tahunan 1 Xiaomi 20 persen 48 persen 2 Oppo 19 persen 8 persen 3 Vivo 18 persen 18 persen 4. Samsung 18 persen 10 persen 5 Transsion 15 persen 25 persen

Di tempat lain, Oppo tumbuh sebesar 8 persen tahun ke tahun. Pangsa pasar Oppo pada kuartal II 2024 sebesar 19 persen, turun 1 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu sebesar 20 persen.

Jumlah unit ponsel yang dikapalkan sebanyak 1,7 juta unit, dimana Oppo A18 menjadi smartphone terlaris.

Posisi ketiga ditempati Vivo dengan pertumbuhan dan pangsa pasar 18 persen. Jumlah smartphone yang dikapalkan Vivo pada periode ini sekitar 1,6 juta unit dan Vivo Y03 menjadi model smartphone terlaris.

Keempat, Samsung hadir dengan pertumbuhan tahunan sebesar 10 persen. Jika dihitung, jumlah ponsel Samsung yang dikapalkan ke Indonesia sebanyak 1,6 juta unit.

Kelima, Transsion Group yang merupakan induk perusahaan iTel, Infinix dan Tecno berada di peringkat kelima dengan pertumbuhan tahunan sebesar 25 persen. Tingkat pertumbuhannya merupakan yang tertinggi kedua setelah Xiaomi. Perusahaan asal China itu mengapalkan sekitar 1,3 juta unit ponsel pada kuartal kedua tahun 2024.

Berikut tabel ringkasan pangsa pasar 5 vendor HP terlaris di Indonesia diikuti pertumbuhan tahunannya (year-on-year).

Canalys juga menjelaskan, data yang dikumpulkan dalam penelitiannya dihitung berdasarkan jumlah penjualan.

Sell-in adalah istilah pengiriman atau penjualan ponsel pintar dari produsen (penjual) ke distributor/pengecer, bukan konsumen akhir. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top