Rusia Lancarkan Operasi Baru untuk Hentikan Pergerakan Pasukan Ukraina

MOSKOW, virprom.com – Pada Sabtu, 10 Agustus 2024, tentara Rusia kembali melancarkan operasi di tiga wilayah perbatasan. Tujuannya untuk menghentikan serangan lintas batas terbesar di Ukraina.

Agence France-Presse mengutip tentara Ukraina melancarkan serangan mendadak melintasi perbatasan ke wilayah Kursk di Rusia barat pada Selasa pagi (8 Juni 2024) dan maju beberapa kilometer.

Rusia telah mengirimkan pasukan dan peralatan tambahan, termasuk tank, rudal, dan pesawat terbang, untuk menghentikan serangan tersebut.

Baca Juga: Rusia Serang Mall Ukraina, 10 Tewas, 35 Luka-luka

Komite anti-teroris Rusia mengatakan Jumat lalu bahwa operasi kontra-teroris telah dimulai di wilayah Belgorod, Bryansk dan Kusk.

Artinya, untuk menjamin keselamatan warga negara dan mencegah ancaman di Ukraina dari tindakan sabotase musuh.

Berdasarkan hukum Rusia, pasukan keamanan dan tentara diberi kekuasaan darurat selama operasi “anti-teroris”.

Langkah-langkah baru tersebut mencakup pembatasan pergerakan, penyitaan kendaraan, pemantauan panggilan telepon, penetapan zona larangan bepergian, penguatan pos pemeriksaan, dan peningkatan keamanan di lokasi infrastruktur.

Komite Kontra-Terorisme mengatakan Ukraina telah melakukan upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengacaukan banyak wilayah Rusia.

Mereka menyebut serangan Ukraina sebagai “serangan teroris” dan mengatakan pasukan Ukraina melukai warga sipil dan menghancurkan rumah-rumah.

Para pemimpin Ukraina bungkam mengenai langkah tersebut, sementara Amerika Serikat, sekutu terdekat Kyiv, mengatakan mereka tidak mengetahui sebelumnya mengenai rencana tersebut.

Namun Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memuji keberhasilan militernya dan mengatakan awal pekan ini bahwa Rusia harus menanggung konsekuensi invasi besar-besaran ke Ukraina mulai Februari 2022.

Baca juga: Ukraina Lanjutkan Serangan Besar-besaran di Wilayah Rusia

Sementara itu, foto-foto yang dirilis Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Sabtu menunjukkan awak tank menembaki posisi Ukraina di wilayah Kursk dan melakukan serangan udara malam hari. Dengarkan berita terkini dan pilihan utama kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top