Como Promosi ke Serie A, Andil Bos Terkaya Indonesia, Dua Juara Dunia

virprom.com – Como meraih promosi ke Serie A hampir lima tahun setelah bergabung dengan keluarga terkaya di Indonesia. Peran dua juara dunia itu membuat Como semakin diminati.

Como meraih tiket promosi ke Serie A musim depan berkat hasil imbang 1-1 melawan Cosenza di Stadio Giuseppe Sinigaglia, Jumat (5 Oktober 2024). 

Satu poin lagi di pekan ke-38 Serie B 2023-2024 sudah cukup untuk memastikan Como naik ke puncak kompetisi sepak bola Negeri Pizza.

“Como adalah proyek paling menarik dalam sepakbola Italia,” tulis jurnalis Italia Rivista Undici.

“Promosi ke Serie A adalah hasil kerja keras yang dilakukan di ribuan arah berbeda: sepak bola, tentu saja, tetapi juga pariwisata, bisnis, dan identitas bagian dunia yang unik,” tulis Rivista Undici lagi. 

Como kembali ke Serie A setelah menunggu selama 21 tahun. Pada tanggal 4 April 2019 secercah harapan muncul, ketika perusahaan SENT Entertainment Ltd yang berbasis di London mengakuisisi tim alias I Lariani (The Lake Children).

BACA JUGA: Cesc Fabregas dan Dennis Wise mengucapkan selamat kepada Como 1907 atas promosi ke Serie A.

Investigasi mengungkap konglomerat Indonesia Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono berada di balik akuisisi Como melalui Grup Djarum.

Hanya dalam waktu lima tahun, Hartonno bersaudara mampu mempromosikan Como dari Serie D ke Serie A.

La Gazzetta dello Sport, outlet olahraga populer Italia, menerbitkan artikel pada April 2021, tak lama setelah Como dipromosikan ke Serie B.

Surat kabar Jambon menyoroti keberhasilan Como, yang berkembang dari Serie D ke Serie B dalam dua tahun yang relatif singkat melalui investasi yang terukur.

Pasalnya, belum ada investasi gila-gilaan di tim sejak akuisisi Como melalui perusahaan London SENT pada April 2019, tulis La Gazzetta dello Sport. 

Hal ini cukup mengejutkan mengingat status Hartonno bersaudara sebagai pemilik klub terkaya Italia.

Ya, mereka masuk dalam 100 besar daftar orang terkaya di dunia versi Forbes. Michael Bambang Hartono (84) memiliki kekayaan sekitar $25,5 miliar dan menempati peringkat ke-76 dunia menurut Forbes.

Sedangkan orang terkaya ke-71 dalam daftar Forbes adalah Robert Budi Hartono (83). Asetnya dilaporkan bernilai $26,5 miliar.

Baca juga: Hasil Serie B: Como 1907 Promosi, Jay Idzes Lawan Venezia di Play-off

Kekayaan Hartono bersaudara melebihi nama-nama besar yang dimiliki klub-klub Serie A, seperti Gary Cardinale (AC Milan), Steven Zhang (Inter Milan), dan Dan Friedkin (AS Roma).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top