Apa Benar Mobil Ringsek Bekas Kecelakaan Bakal Jadi Rongsok?

KLATEN, virprom.com – Kondisi mobil yang mengalami kecelakaan bervariasi, mulai dari lunak hingga rusak. Kerusakan pada kendaraan tergantung pada ukuran dan bagian benda yang tertabrak.

Mobil modern mempunyai desain khusus terkait perlindungan bodi yaitu crumple zone, sehingga benturan yang terjadi dapat diserap oleh bodi, terutama pada bagian depan dan belakang mobil.

Jumlah kematian penumpang diharapkan dapat dikurangi dengan menjaga kabin tetap di tempatnya sementara airbag dan monitor keselamatan berfungsi.

Baca juga: Tiga Orang Tewas Usai Mobil Tabrakan Mobil di Jalan Menuju Batang

Mas Nur, Pemilik Bengkel Cat dan Body Repair Radityo Klaten mengatakan, mobil apa pun yang mengalami kecelakaan bisa diperbaiki, ia hanya ingin pembeli mempertimbangkan biayanya.

Karena terkadang biaya perbaikan mobil yang mengalami kecelakaan bisa lebih mahal dibandingkan mobil sehat, tergantung kerusakannya, karena mobil bukan hanya sekedar memperbaiki bodi, kata Nur virprom.com, Kamis. 4/7/2024).

Nur mengatakan, kerusakan terjadi pada beberapa bagian seperti kelistrikan, mesin, AC, radiator, suspensi dan lain-lain. Sehingga biayanya bisa bertambah bila komponen tersebut dimusnahkan.

Baca juga: Alasan Mobil Jaman Sekarang Mudah Rusak Akibat Tabrakan

“Kalau perbaikan bodi dan catnya tidak terlalu mahal, apalagi ada bagian yang bisa diperbaiki, sehingga pembeli atau bengkel harus mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaikinya. Mahal sekali,” kata Nur.

Nur mengatakan, meski kondisi mobil yang ditabrak sangat parah, namun mobil tersebut tidak akan hancur total.

Bagian-bagian mobil tertentu yang masih ada bisa dipotong dan dijual kepada masyarakat yang menginginkannya, sehingga harga jualnya sangat bagus dibandingkan dibuang atau dijual kiloan,” kata Nur.

Baca juga: Pengemudi Diduga Mengantuk, BMW M4 Tabrak Pembatas Jalan dan Tabrakan

Nur mengatakan, beberapa mobil yang mengalami kecelakaan juga bisa diperbaiki dengan harga lebih murah, misalnya jika bemper atau bodinya rusak.

“Jika tidak ada bagian mesin, maka perbaikannya sangat murah karena hanya bodi dan cat saja, jadi jangan ragu untuk memeriksa ke bengkel untuk mengetahui biayanya,” kata Nur.

Oleh karena itu, mobil yang rusak karena kecelakaan tidak selalu tergolong barang antik karena beberapa bagiannya masih dapat diperbaiki atau bagian yang rusak tersebut dapat dijual kepada pihak yang membutuhkan. Dengarkan cerita dan berita utama yang kami pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top