Alami Rem Blong, Paling Aman Loncat dari Motor

Jakarta, virprom.com – Rem blong tidak hanya terjadi pada kendaraan besar seperti mobil dan bus, tetapi juga pada sepeda motor.

Penyebab kegagalan rem mesin mungkin karena cara mengemudi yang salah atau pendekatan teknis. Jika hal ini terjadi, seringkali sepeda motor akan sulit dikendalikan dan dihentikan.

Amirar Maas, instruktur safety riding PT Daya Adibuat Motora (DAM), mengatakan sebaiknya segera turun dari sepeda motor jika rem sepeda motor blong.

Baca Juga: Harga Skutik Starter Nex II Bekas Mulai Rp 9 Jutaan

 

“Saat terjadi tabrakan, pastikan pengemudi tidak mengikuti kecepatan atau aliran mesin. Lompatlah jika bisa,” kata Amizar.

Amizar menjelaskan, jika pengendara tetap berada di atas sepeda motor, cederanya bisa bertambah parah. Saat melompat sebaiknya hanya memperhatikan posisi tangan, jangan berjalan kemana-mana.

Baca Juga: Sinyal Seri 9 Akan Meluncur di GIIAS 2024

“Sebagian besar kami anjurkan menutup (tangan) dari rahang hingga dada. Supaya pernafasannya tidak terganggu,” kata Amizar.

Lebih aman bagi pengemudi untuk mengawasinya dari jarak jauh agar rem tidak blong. Sebelum menuruni bukit, pastikan kecepatan tidak terlalu tinggi dan beralih antara pengereman depan dan belakang. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top