Profil Ahmad Luthfi, Jenderal Bintang 2 Polri yang Diusung Gerindra pada Pilkada Jateng

JAKARTA, virprom.com – Partai Gerindra resmi mencalonkan Kapolda Jawa Tengah Irjen Paul Ahmad Lutfi untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng) 2024.

“Untuk Jawa Tengah, Pak Prabowo (Ketua Umum Partai Gerindra) sudah memutuskan Irjen Pol Ahmad Lutfi yang akan menjadi calon Gubernur Jawa Tengah,” kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Konferensi pers di Kompleks Parlemen Jakarta, Senin (22 Juli 2024), mengutip Kompas.id.

Menurutnya, Ahmad Lutfi dinilai tepat untuk diangkat karena sudah lama mengabdi di Jawa Tengah, sehingga diyakini bisa memimpin provinsi tersebut di masa depan.

Namun dalam hal ini, Gerindra tidak mengumumkan dukungannya terhadap calon Ahmad Lutfi pada Pilkada Jawa Tengah 2024.

Baca juga: Gerindra Rayakan Hasil Koordinasi dengan KIM dan Wakili Ahmad Lutfi di Pilkada Jateng.

Namun, Gerindra melihat Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep sebagai salah satu calon mitra Ahmad Lutfi.

“Dari berbagai jajak pendapat yang kami baca, nama Mas Kezan menonjol,” kata Muzani.

Berikut Profil Ahmad Lutfi: Lulusan Sepa Milsuk Polri

Lutfi lahir pada tanggal 22 November 1966 di Surabaya, Jawa Timur. Ia bergabung dengan Korps Bhayangkara pada tahun 1989 melalui Sekolah Relawan Militer (Sepa) Polri (Milsuk) dengan latar belakang intelijen keamanan.

Setelah lulus dari Sepa Milsuk Polri, Lutfi melanjutkan pendidikan kepolisiannya di Sekolah Perwira Polisi (Selapa) pada tahun 2000.

Baca juga: Gerindra yakin Kesang akan maju bersama Ahmad Lutfi di Pilkada Jateng

Lima tahun kemudian, Lutfi kembali mengenyam pendidikan dengan masuk Sekolah Perwira dan Pimpinan Kepolisian (Sespim) pada tahun 2005 dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) pada tahun 2007.

Selain itu, pendidikan profesi yang diterimanya antara lain Diktap Polri tahun 1992, Daspa Serse tahun 1994, dan Dikjur Pervira Provos tahun 1995. Orang-orang dekat Jokowi.

Lutfi merupakan sosok yang dekat dengan Presiden Joko Widodo.

Sejak Lutfi menjabat Wakil Kapolri independen pada 2011, hubungan mereka terjalin baik.

Saat itu, Jokowi masih menjabat Wali Kota Solo. Direktorat Kepolisian Nasional kemudian menunjuk Ahmad Lutfhi sebagai satu-satunya kapolri pada tahun 2015. Jokowi menjadi presiden pada tahun itu.

Setelah bertugas di Solo, Lutfi dipromosikan menjadi analis kebijakan madya bidang sosial budaya Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri pada tahun 2017.

Kemudian Wakil Kapolda Jateng tahun 2018 dan Kapolda Jateng tahun 2020 hingga sekarang. Lutfi saat ini menyandang pangkat inspektur jenderal atau jenderal bintang dua di Polri. Dengarkan berita terkini dan berita utama kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top