ITB Jatiluhur International Triathlon Diwarnai Pelestarian Sungai dan Waduk

virprom.com – ITB Jatiluhur International Triathlon (IJIT) 2024 digelar untuk kedua kalinya pada Minggu, 11 Agustus 2024 di Kawasan Wisata Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. 

Rangkaian acara dimulai sehari sebelumnya. Perum Jasa Tirtha (PJT) II bermitra dengan Relawan Bakti BUMN dan ALSI ITB untuk melaksanakan kegiatan relawan di kawasan Waduk Jatiluhur.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Purwakarta Benny Irwan, Ketua Umum ALSI ITB Abdul Malik Sadat Idris, direktur PJT II, ​​anggota ALSI ITB, anggota HMS ITB, perwakilan atlet triatlon dan relawan BUMN pendukung program stok benih ikan di wilayah D’Bay melaksanakan. Waduk Djatilukhur.

Sebanyak 205 peserta triathlon dilepas langsung oleh Kantor Pusat Khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga bersama Benny Irwan, didampingi Direktur Utama PJT II Imam Santoso dan Abdul Malik Sadat Idris.

Baca juga: Triathlon Internasional ITB Jatiluhur 2024 Sudah Penuh, Penentuan Tahunan

Peserta kategori jarak olimpiade mengawali lomba dengan berenang sejauh 1.500 meter di Waduk Jatilukhur, disusul peserta kategori jarak sprint yang berenang sejauh 750 meter. 

Sebagai pengelola kawasan waduk Jatiluhur, PJT II berkomitmen terhadap konservasi sungai dan waduk. Beberapa program telah dilaksanakan, seperti penghilangan eceng gondok di waduk Irskoe. H. Juanda yang diadakan rutin setiap tahunnya.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar Waduk Jatiluhur melalui kegiatan konservasi vegetasi.

Selain itu, PJT II juga mendukung program Citarum Harum yang telah meningkatkan kualitas air Sungai Citarum. Pada tahun 2018, Sungai Citarum tergolong sangat tercemar dan dianggap sebagai salah satu sungai terkotor di dunia.

Namun hingga tahun 2023, kualitas air Sungai Citarum mengalami perbaikan dengan indeks kualitas air yang terus meningkat.

Baca juga: Latihan Renang Triathlon di Olimpiade Paris di Sungai Seine Dibatalkan

Hal ini dicapai melalui penerapan pengelolaan sumber daya alam secara holistik dan terpadu serta dukungan dan kerja sama berbagai pihak dalam kerangka konsep lima heliks, yang melibatkan unsur pemerintah, media, ilmuwan, dunia usaha, dan masyarakat yang terlibat dalam mengatasi permasalahan kualitas air di wilayah tersebut. bidang kualitas air. sungai Citarum. .

PJT II juga secara berkala melakukan pemantauan kualitas air di berbagai titik strategis di Waduk Jatiluhur. Berbagai parameter pengujian seperti tingkat kejernihan air, total nitrogen, nilai pH dan parameter pengujian lainnya diukur dan dipantau secara berkala untuk memastikan kondisi air Waduk Jatiluhur.

Hasil dari upaya PJT II langsung dirasakan oleh para atlet triatlon yang terjun di Waduk Jatiluhur, Minggu kemarin.

David Kessell, atlet triatlon Australia yang menempati posisi ketiga dalam keseluruhan kategori jarak individu Olimpiade 50++, berbicara tentang kualitas air selama uji coba renangnya pada hari Sabtu.

“Kualitas airnya bagus dan aman bagi peserta untuk berenang,” ujarnya dalam siaran pers yang dihasilkan.

Baca juga: Olimpiade 2024 di Paris: Atlet Triatlon Belgia Jatuh Sakit Usai Kompetisi Renang di Seine

Setelah menyelesaikan lomba renang, para atlet triatlon melanjutkan dengan lomba balap sepeda sejauh 40 kilometer pada kategori jarak olimpiade dan 20 kilometer pada kategori jarak sprint.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top